kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KAI siap layani angkutan sepeda motor gratis


Rabu, 20 April 2016 / 17:13 WIB
KAI siap layani angkutan sepeda motor gratis


Sumber: Antara | Editor: Dikky Setiawan

PURWOKERTO. PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto siap melayani angkutan sepeda motor gratis bagi pemudik dari daerah pada masa angkutan Lebaran 2016.

"Layanan angkutan motis untuk pemudik dari daerah ini merupakan peningkatan angkutan sepeda motor gratis (motis) Lebaran 2015 yang hanya melayani angkutan motis untuk pemudik dari Jakarta ke daerah-daerah," kata Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Surono di Purwokerto, Jawa Tengah, Rabu.

Oleh karena itu, kata dia, pada Lebaran 2016 selain melayani angkutan motis dari Jakarta, PT KAI juga melayani angkutan motis dari daerah ke Jakarta dan beberapa kota lainnya.

Dalam hal ini, lanjut dia, PT KAI Daop 5 Purwokerto akan melayani angkutan motis bagi pemudik dari daerah Purwokerto, Banyumas, Cilacap, Kebumen, dan Purworejo dengan tujuan Jakarta, Yogyakarta, Solo, Klaten, Madiun, Kertosono, dan Kediri saat perjalanan mudik maupun balik.

Ia mengatakan bahwa di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto terdapat lima stasiun untuk tempat pengiriman dan tujuan angkutan motis Lebaran 2016, yakni Stasiun Purwokerto untuk pemudik dari atau menuju wilayah Kabupaten Banyumas dan Purbalingga, Stasiun Kroya untuk wilayah Cilacap, Stasiun Gombong dan Stasiun Kebumen untuk wilayah Kebumen, serta Stasiun Kutoarjo untuk wilayah Purworejo dan sekitarnya.

"Kami menyasar mahasiswa, pekerja, pedagang, dan buruh yang selama ini kuliah atau bekerja di daerah tersebut dan akan berlebaran di tempat asalnya. Mereka tidak perlu repot dan capai mengendarai sepeda motor untuk mudik, tinggal dikirimkan secara gratis menggunakan KA," katanya.

Selain lebih praktis dan aman, kata dia, mudik dengan mengikuti program tersebut juga akan meminimalisasi risiko kecelakaan di jalan raya.

Menurut dia, faktor kepadatan dan kemacetan di jalan raya serta jarak yang relatif jauh, berimbas pada menurunnya kondisi fisik dan konsentrasi pengemudi akibat kelelahan yang sering meyebabkan kecelakaan.

Lebih lanjut, Surono mengatakan bahwa pendaftaran peserta program motis Lebaran 2016 di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto akan mulai dibuka pada tanggal 21 April 2016 di lima stasiun, yakni Purwokerto, Kroya, Gombong, Kebumen, dan Kutoarjo dengan batas pendaftaran maksimal H-8 dari tanggal keberangkatan.

Bagi pemudik yang akan mengikuti program angkutan motis, kata dia, wajib menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP) dan surat izin mengemudi (SIM) asli atas nama pengirim serta surat tanda nomor kendaraan (STNK) asli.

Menurut dia, pengirim atau pemudik yang memanfaatkan angkutan motis juga wajib menyerahkan tiga lembar foto kopi dari masing-masing dokumen tersebut serta wajib menunjukkan tiket mudik, baik menggunakan KA, bus, maupun travel, atas nama pengirim sepeda motor ke tujuan yang sama dengan sepeda motornya.

"Kami akan fasilitasi pembelian tiket untuk beberapa KA bagi peserta program motis dari daerah. Beberapa KA telah disiapkan untuk dapat mengakomodasi kebutuhan tiket peserta program motis, terutama untuk peserta dengan tujuan mudik berlawanan dengan arus mudik atau balik dari dan ke Jakarta atau 'contraflow'," katanya.

Ia mengatakan bahwa KA-KA yang akan disiapkan terdiri atas KA Logawa, KA Joglokerto, KA Krakatau, KA Kutojaya Utara, KA Gaya Baru Malam, KA Malabar, dan KA Kahuripan.

"Untuk mendapatkan fasilitas pembelian tiket KA tersebut, pendaftaran harus dilakukan peserta paling lambat 8 hari sebelum tanggal keberangkatan," tegasnya.

Selain KA-KA tersebut, kata dia, peserta program motis juga bisa menggunakan KA-KA yang lain sepanjang tiketnya masih tersedia.

Bahkan, seandainya sudah kehabisan tiket KA, lanjut dia, peserta juga bisa menggunakan tiket bus atau travel sesuai nama peserta dan tujuan pengiriman sepeda motor sebagai persyaratan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×