kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KAI Siapkan 8 Kereta Tambahan Sambut Libur Natal 2023, Tiket Sudah Tersedia


Senin, 27 November 2023 / 04:52 WIB
KAI Siapkan 8 Kereta Tambahan Sambut Libur Natal 2023, Tiket Sudah Tersedia
ILUSTRASI. Nataru, PT Kereta Api Indonesia atau KAI telah menambah 8 rangkaian kereta tambahan untuk melayani penumpang.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selama periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI telah menambah 8 rangkaian kereta tambahan untuk melayani penumpang. 

Melansir Kompas.com, EVP Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji mengatakan, saat ini tiket 8 rangkaian kereta tambahan itu sudah dijual. 

Namun dia tidak menjelaskan berapa total kursi yang disediakan pada kereta tambahan tersebut. 

"Nataru kita sudah membuka ticketing 45 hari, bahkan kita sudah menambah 8 kereta tambahan. Untuk penambahan 8 KA tambahan masa Nataru sudah kita jual," ujarnya saat ditemui di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (24/11/2023) malam. 

Seperti diketahui, selama periode Nataru biasanya jumlah penumpang kereta api akan meningkat karena pergerakan masyarakat untuk mudik dan liburan. 

Selain menyiapkan rangkaian kereta tambahan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, KAI juga menyiapkan penjaga perlintasan sebidang yang lebih banyak. 

Hal ini untuk memastikan perjalanan kereta api selama Nataru aman dan lancar. Penjaga perlintasan sebidang ekstra ini disiagakan lantaran banyak perlintasan kereta yang akan dilewati kendaraan lain pada malam hari seperti bus dan truk. 

Baca Juga: Tanggal Merah & Cuti Bersama Desember 2023, Jutaan Warga RI Akan Liburan Akhir Tahun

"Nanti saat Nataru kita menyiapkan penjaga ekstra dari KAI, kita bayar sendiri semuanya. Untuk mengurangi atau memitigasi risiko yang tinggi karena ada perlintasan yang dilewati pada malam hari," ucapnya. 

Dia menyebut, penjaga perlintasan sebidang ini akan ditambah di hampir semua wilayah daerah operasional (daop) KAI. Setiap daop akan menambah penjaga ekstra saat Nataru. 

"Misalkan Jakarta itu dari sini sampai ke Cikampek itu pasti ada beberapa yang dijaga, ada 10-15 (perlintasan). Nanti dari Cikampek sampai Bandung, Bandung sampai Tasik, Tasik sampai Banjar itu terus-terusan (dijaga)," jelasnya. 

Menurutnya, perlintasan sebidang ini harus dijaga untuk memitigasi adanya kecelakaan. Pasalnya selain merugikan penumpang karena perjalanannya terhambat, kecelakaan yang terjadi juga merugikan operator dari sisi biaya maupun operasional yang menjadi terhambat. 

Baca Juga: Sudah 146.000 Tiket KA Periode Natal dan Tahun Baru Terjual

Sebagai informasi, per Jumat (24/11/2023), KAI mencatat sebanyak 445.704 tiket kereta api jarak jauh sudah terjual atau 21 persen dari tiket yang disediakan untuk periode Nataru yakni 21 Desember 2023 sampai 7 Januari 2024. 

Jumlah tersebut masih akan terus bertambah karena penjualan masih berlangsung. Masyarakat dapat segera memesan tiket karena tiket KA masa Nataru masih cukup banyak tersedia. 

KA-KA yang menjadi favorit untuk Angkutan Nataru sejauh ini di antaranya, KA Bengawan relasi Pasarsenen-Purwosari pp, KA Airlangga relasi Pasarsenen-Surabaya Pasarturi pp, KA Kahuripan relasi Kiaracondong-Blitar pp, KA Sri Tanjung relasi Lempuyangan-Ketapang pp, dan lainnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sambut Libur Natal 2023, KAI Siapkan 8 Kereta Tambahan, Tiket Sudah Bisa Dibeli"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×