kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kalbe Farma (KLBF) bersiap melakukan uji klinis tahap 2 vaksin corona


Minggu, 23 Agustus 2020 / 18:44 WIB
Kalbe Farma (KLBF) bersiap melakukan uji klinis tahap 2 vaksin corona
ILUSTRASI. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang (kedua kiri), didampingi Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk Vidjongtius (kiri) dan Komisaris Irawati Setiady (kanan) meninjau pabrik PT Kalbio Global Medika di Kawasan industri Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat,


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) menyatakan saat ini sedang mempersiapkan protokol uji klinis tahap dua di Indonesia. Proses yang sedang berjalan saat ini adalah konsorsium dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Sebagai informasi Kalbe Farma melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan perusahaan obat biologi dari Korea Selatan, Genexine, Inc.  untuk mengembangkan vaksin corona virus baru atau Covid-19.  

Kalbe dan Genexine sepakat untuk melakukan uji klinik GX-19 di Indonesia, yakni pengembangan vaksin DNA terhadap virus corona baru oleh konsorsium dengan Genexine, Binex, the International Vaccine Institute(IVI), GenNBio, the Korea Advanced Institute of Science & Technology (KAIST), and Pohang University of Science & Technology (POSTECH).  

Presiden Direktur Kalbe Farma, Vidjongtius menyatakan saat ini vaksin Corona masih dalam tahapan uji klinis fase satu di Korea. Adapun sekarang juga sedang dalam persiapan protokol uji klinis fase dua di Indonesia sampai Oktober hingga November 2020.

Baca Juga: Berikut perkembangan vaksin Covid-19 oleh perusahaan farmasi Tanah Air

"Saat ini persiapan protokol uji klinis,  sedang dilakukan konsorsium dengan BPOM," jelasnya kepada Kontan.co.id, Minggu (23/8).

Vidjongtius menyatakan produk vaksin sangat dibutuhkan seluruh dunia sehingga potensinya besar. Belum lagi vaksin untuk indikasi atau penyakit lainnya.

"Ada kemungkinan Kalbe akan mengembangkan vaksin lainnya sambil melihat perkembangan virus yang muncul," tandas Vidjongtius.

Sebelumnya, pada (23/7), Sekretaris Perusahaan Kalbe Farma, Lukito Kurniawan Gozali menjelaskan sehubungan dengan kerja sama dengan Genexine Korea Selatan di dalam mengembangkan vaksin Corona, saat ini perusahaan sedang mempersiapkan proses uji klinis tahap dua di Indonesia.

"Diharapkan proses uji klinis dapat berjalan dengan baik sehingga vaksin Covid-19 dapat didistribusikan pada pertengahan 2021," paparnya dalam keterangan resmi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×