kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Kalbe Farma memacu bisnis minuman


Sabtu, 30 September 2017 / 17:15 WIB
Kalbe Farma memacu bisnis minuman


Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pebisnis masih antusias menggarap pasar minuman (beverages). Tak terkecuali produsen farmasi seperti PT Kalbe Farma Tbk. Melalui produk minuman air kelapa bermerek Hydro Coco, Kalbe Farma ingin mendongkrak pendapatan non obat.

Kali ini, Kalbe Farma melakukan strategi soft selling, yakni dengan Hydro Coco co-branding dengan Kementerian Pariwisata menawarkan produk berbalut tempat wisata unggulan Indonesia yang disemat di kemasannya.

Arwin N. Hutasoit, Head of Marketing Kalbe Beverages PT Kalbe Farma Tbk menjelaskan, konsumen saat ini tidak bisa lewat penjualan hard selling. Diperlukan cerita yang menarik agar konsumen bisa tertarik membeli. "Sejalan dengan itu, Hydro Coco mengangkat lokasi pariwisata alam Indonesia dalam kemasan agar semakin dikenal destinasi pariwisata," ujarnya, Jumat (29/9).

Ke depan akan ada, beberapa lokasi pariwisata yang muncul di kemasan Hydro Coco seperti Pulau Padar di Labuan Bajo, Broken Beach Nusa Penida Bali, Raja Ampat di Papua, dan Pantai Atuh Nusa Penida Bali. "Tak hanya di nasional tetapi juga global melalui kegiatan pemasaran Hydro Coco di luar negeri," lanjut Arwin.

Tahun lalu, emiten berkode dagang KLBF ini mengklaim bisa menjual 50 juta kemasan Hydro Coco. "Target penjualan bisa tumbuh double digit dibandingkan dengan tahun lalu," katanya.

Untuk itu, pihaknya melihat porsi ekspor akan digalakkan. Dari awalnya 5% ditargetkan bisa menjadi proporsinya sebesar 10%. Tujuan utama negaranya di Uni Emirat Arab, Hong Kong, China, Korea Selatan dan area Jepang. "Kami masuk lewat kantor representasi Kalbe dan juga trade ke perusahaan lokal," katanya.

Saat ini pabrik Hydro Coco berada di Riau dengan kapasitas pabrik 70.000 ton per tahun. Proses produksi jadi di Riau lalu dikirim ke Jakarta. Kemudian didistribusikan nasional serta ekspor. Sebagai informasi, bahan baku diambil dari perkebunan milik Sambu Group yang berada di Riau. Estimasi produksi kelapa dari Riau tersebut mencapai 423.000 ton per tahun.

Menurutnya Indonesia bisa memproduksi 2,5 juta ton kelapa per tahun. Sumber daya sebesar itu menurutnya bisa unggul di global dan hanya bersaing dengan Brazil, Meksiko, India dan Filipina. "Selain Riau kami bisa mengambil bahan baku kelapa di Jawa Timur, Sulawesi Utara, dan Maluku Utara," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×