kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kapal Rumah Sakit terapung di perairan Sumenep resmi beroperasi


Kamis, 15 Agustus 2019 / 21:28 WIB
Kapal Rumah Sakit terapung di perairan Sumenep resmi beroperasi
ILUSTRASI. RUMAH SAKIT TERAPUNG


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Kapal Rumah Sakit (RS) Terapung di Perairan Sumenep resmi beroperasi. Kapal yang dijadikan rumah sakit terapung ini adalah KM Gandha Nusantara 1 dan KM Gandha Nusantara 2. Kapal ini merupakan hibah dari Kementerian Perhubungan kepada Kementerian Kesehatan dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Dalam pelepasan pengoperasian kapal RS Terapung ini,  Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, kapal ini beroperasi bertujuan untuk melayani masyarakat di kepulauan terpencil yang ada di perairan Sumenep dan sekitarnya.

"Apa yang dilakukan ini tentunya menjadi baian dari visi dan misi presiden yaitu untuk mewujudkan konektivitas. Artinya menghubungkan pulau-pulau di Indonesia termauk Madura di dalamya. Sehingga masyarakat merasakan kesejahteraan yang sama baiknya, begitu pun dengan layanan kesehatan," tutur Budi dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Kamis (15/8).

Budi menerangkan, ide kapal RS terapung ini supaya kapal tak hanya berfungsi sebagai transportasi tetapi juga sebagai rumah sakit. Dia mengakui kapal ini tidakbisa beroperasi 24 jam, tetapi hanya beroperasi pad pagi hari dan sore hari.

"Jadi pagi-pagi mereka berjalan dua, tiga sampai empat jam. Siang hari saat ombak tinggi, mereka berlabuh di pulau-pulau kecil. Di situlah fungsi rumah sakit itu berjalan. Selama perjalanan itu, ada 30 penumpang yang ada di sana, paling tidak ada suatu interaksi antara dokter dan masyarakat," tambah Budi.

Menurut Budi, kapal-kapal rede di Jawa Timur ini akan menjadi pilot project bagi daerah lainnya. Jawa Timur dipilih sebagai pilot project pengoperasioan kapal RS terapung inikarena Jawa Timur dianggap sebagai provinsi yang paling kompeten. Setelah mempelajari berbagai kekurangan, rencananya poyek ini akan dilanjutkan ke Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×