kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45725,83   16,46   2.32%
  • EMAS914.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Karyawan anak perusahaan Garuda Indonesia gelar aksi mogok kerja


Selasa, 31 Desember 2019 / 15:30 WIB
Karyawan anak perusahaan Garuda Indonesia gelar aksi mogok kerja
ILUSTRASI. pekerja gapura angkasa dan angkasa pura mengawasi pesawat garuda yang sedang emnurunkan penumpang di terminal 3 ultimate terminal tiga bandara soekarno hatta. garura angkasa dan garuda indonesia (23/4).Pho KONTAN/Achmad Fauzie

Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setidaknya sebanyak 600 orang karyawan PT Gapura Angkasa anak perusahaan Garuda Indonesia melakukan aksi mogok kerja di sebuah ruko sekitar Bandara Soekarno-Hatta. 

Ketua Asosiasi Pekerja Metal Indonesia yang juga karyawan PT Gapura Angkasa, Mey Hardie mengatakan aksi tersebut dilakukan oleh karyawan PT Gapura Angkasa setelah dirinya mendapat surat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sepihak dari PT Gapura Angkasa. 

Baca Juga: Penasaran dengan Harley yang ditunggangi mantan direktur Jiwasraya? Simak harganya

"Saya terima surat pemutusan (PHK) itu jam 16.00, jadi teman-teman spontan melakukan aksi mogok," ujar dia saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Selasa (31/12).

Akibat PHK sepihak 

Hardi mengatakan, bukan hanya dirinya yang mendapat perlakuan PHK sepihak dari PT Gapura Angkasa. Ada tiga orang lainnya yang mendapat surat PHK tersebut tanpa alasan yang jelas dari pihak Gapura Angkasa. 

Hardie mengatakan, karyawan PT Gapura Angkasa yang mendengar kabar pemecatan tersebut langsung turun mogok kerja untuk membela empat kawannya. "Sekitar 600-800 orang yang turun demo mogok kerja," kata dia. 

Baca Juga: Jasa Armada (IPCM) proyeksikan raih laba bersih Rp 93 miliar di akhir tahun ini

Dua tuntutan 

Dalam aksi demonstrasi tersebut, Hardie mengatakan ada dua tuntutan yang disuarakan. Pertama adalah mengembalikan kembali keempat karyawan yang dipecat secara sepihak oleh Gapura Angkasa. "Kedua, terkait status kami. Sekarang kami hanya outsourcing," kata dia. 

PT Gapura Angkasa sendiri merupakan anak perusahaan dari PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk yang menangani jasa ground handling di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. (Singgih Wiryono)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "600 Karyawan Anak Perusahaan Garuda Indonesia Gelar Aksi Mogok Kerja"

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×