Reporter: Arif Wicaksono | Editor: Markus Sumartomjon
JAKARTA. PT Darta Media Indonesia pemilik situs komunitas online Kaskus bakal fokus menyasar perdagangan elektronik (e-commerce). Dalam waktu dekat, situs milik Grup Djarum ini bakal melansir market place sebagai wadah untuk bertransaksi bisnis secara elektronik.
Andrew Darwis chief technology officer Kaskus menuturkan fasilitas e-commerce ini bakal tersedia November nanti. “Para pengguna bisa memanfaatkan market place sebagai fasilitas bertransaksi dari Kaskus dengan fasilitas pembayaran kaspay (laiknya transfer bank)," katanya kepada KONTAN, Selasa (3/7).
Kehadiran market place ini nantinya bisa memfasilitasi perdagangan barang di Kaskus. Saat ini saja jumlah barang yang terdaftar di situs ini sudah mencapai 800.000 barang. Sekitar 60%-nya merupakan barang elektronik dan sisanya berupa gadget, tiket pesawat, tiket konser, sepeda motor dan mobil.
Adanya fasilitas tambahan ini nantinya tentu bakal mendongkrak jumlah anggota pengguna (member) yang terdaftar di Kaskus. Kalau saat ini jumlah pengguna Kaskus mencapai 4,5 juta pengguna, Andrew menargetkan hingga akhir tahun ini jumlah pengguna Kaskus bakal menyentuh 6 juta pengguna atau naik dua kali lipat dari pengguna Kaskus akhir tahun lalu yang masih 3 juta pengguna.
Sebanyak 58% pengguna Kaskus masih berada di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Sisanya berasal dari Yogyakarta, Surabaya, Bandung dan sebagian kecil berada di luar negeri seperti Australia, Amerika Serikat, Malaysia dan Singapura.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News