kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kembangkan Pasar Domestik dan Ekspor di 2022, Begini target Suzuki Indomobil Sales


Sabtu, 09 April 2022 / 10:05 WIB
Kembangkan Pasar Domestik dan Ekspor di 2022, Begini target Suzuki Indomobil Sales
ILUSTRASI. Suzuki Indomobil Sales (SIS) tetap optimistis dapat meraih bisnis yang positif pada tahun ini.


Reporter: Vina Elvira | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tetap optimistis dapat meraih bisnis yang positif. SIS berharap, penjualan mobil secara keseluruhan dapat menguasai 12% pangsa pasar dari estimasi total pasar dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

"Di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, di tahun 2022 Suzuki akan terus melakukan berbagai upaya untuk memberikan dampak positif terhadap pasar otomotif nasional," kata 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales, Dony Saputra, dalam media gathering, Jumat (8/4).

Sebagai gambaran, selama 2021, Suzuki mencatatkan wholesales sebanyak 91.793 unit, atau meningkat 39% apabila dibandingkan dengan tahun 2020.

Sedangkan untuk retail sales, penjualan menembus angka 89.596 unit sehingga mampu meningkatkan penjualan sebesar 24% apabila dibandingkan dengan tahun 2020.

Baca Juga: Permintaan Pembiayaan Mobil Bekas Diprediksi Kembali Bergairah Jelang Lebaran

Kontribusi penjualan Suzuki tahun 2021 disumbang dari produk unggulan, yaitu New Carry, XL7, dan disusul oleh All New Ertiga. New Carry beri kontribusi 58% terhadap penjualan nasional Suzuki dengan capaian 52.854 unit wholesales dan 52.286 unit retail sales.

Kontributor terbanyak kedua adalah XL7 yang menyumbang 18% terhadap penjualan Suzuki atau sebesar 16.090 unit secara wholesales. Sedangkan secara retail sales, XL7 menyumbang 16% terhadap penjualan Suzuki atau sebesar 14.640 unit.

Disusul kemudian oleh All New Ertiga yang berkontribusi sebesar 12% dengan capaian 11.410 unit wholesales dan capaian 11.402 unit retail sales atau sebesar 13%.

Di samping pasar domestik, Suzuki juga memiliki target yang cukup ambisius di pasar ekspor. Di tahun 2022 ini Suzuki menargetkan kenaikan penjualan ekspor sebesar 10%, baik untuk CKD maupun CBU.

Tak hanya itu, Suzuki juga akan membidik sejumlah negara ekspor baru sehingga pihaknya yakin dapat meraih kinerja yang positif di pasar ekspor tahun ini.

"Pasar ekspor jadi salah satu tujuan, karena pasar ekspor kami juga menyumbang revenue yang cukup baik. Jadi sudah pasti akan menjadi pasar utama untuk kami berkembang. Harapannya selain doemstik ekspor juga kami bisa tingkatkan terus-menerus, karena backgorund kami juga cukup banyak di sana," jelas dia.

Adapun, selama tahun 2021, ekspor Suzuki menunjukkan penjualan yang positif. Secara keseluruhan, penjualan ekspor Suzuki selama tahun 2021 sebesar 65.505 unit dengan total CBU sebanyak 43.653 unit dan CKD sebanyak 21.852 unit.

Penjualan ekspor Suzuki di kategori CKD didominasi XL7 yang berkontribusi terhadap penjualan sebanyak 40,60%, kemudian penjualan di kategori CKD didominasi Karimun Wagon R yang berkontribusi sebanyak 96,65% terhadap total penjualan ekspor Suzuki.

Selama tahun 2021, Suzuki Indonesia mengekspor mobil ke 49 negara yang tersebar di berbagi benua seperti Asia, Amerika Selatan, Timur Tengah, Oseania, dan Afrika.

Model mobil yang diekspor tersebut adalah All New Ertiga, XL7, New Carry Pick Up, APV, dan Karimun Wagon R.

"Kinerja ekspor otomotif nasional tahun 2021 memang mengalami perlambatan karena terdampak pandemi Covid-19, termasuk ekspor mobil. Namun, meski semua merk mengalami penurunan ekspor, tapi Suzuki adalah merk dengan penurunan ekspor mobil paling minim di antara kompetitor di industri otomotif nasional," tutur Production Planning Control Asst. to Dept. Head PT Suzuki Indomobil Motor, Apriyanto.

Baca Juga: Daihatsu Catatkan Penjualan 46.946 Unit Mobil pada Kuartal I 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×