kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45672,14   1,07   0.16%
  • EMAS916.000 -1,08%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.26%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Kemenhub: Seluruh bandara telah melakukan pencegahan virus corona


Kamis, 19 Maret 2020 / 16:26 WIB
Kemenhub: Seluruh bandara telah melakukan pencegahan virus corona
ILUSTRASI. Penumpang mengantre di lantai yang telah diberi stiker panduan jarak di Bandara Depati Amir, Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (19/3/2020). Untuk meminimalisir potensi penyebaran Virus COVID-19, PT Angkasa Pura II (Persero) Bandara Depa

Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebagai langkah preventif (pencegahan) penyebaran wabah virus Covid-19 (Corona) masuk melalui bandara, seluruh penyelenggara bandara melakukan langkah preventif yang disampaikan oleh Pemerintah.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto mengatakan, seluruh bandara telah melakukan langkah pencegahan penyebaran Covid-19 baik melalui peningkatan kebersihan, melakukan penyemprotan disinfektan, penyediaan hand sanitizer dan juga melaksanakan konsep "social distancing" di area pelayanan publik.

Baca Juga: Bendung virus corona, Australia dan Selandia Baru tutup pintu masuk

"Saya menyambut positif bahwa seluruh penyelenggara bandara telah ikut mencegah penyebaran Covid-19 melalui jalur transportasi udara dengan melakukan penyesuaian dengan protokol pelayanan di area publik, bahkan banyak bandara telah melakukan "social distancing" dengan pengaturan antrean jarak satu meter antar orang seperti yang di lakukan di bandara Soekarno Hatta dan Bandara APT Pranoto Samarinda serta bandara bandara lainnya " papar Novie dalam keterangan resmi yang diterima kontan.co.id, Kamis (19/3).

Menurutnya, Ditjen Hubud terus berkoordinasi dengan Kementerian/Lembaga terkait, pemerintah daerah dan juga seluruh stakeholder penerbangan untuk melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 ini.

"Kami terus memonitor perkembangan masalah Covid-19 ini, karena ini demi kebaikan kita bersama" ujar Novie.

Baca Juga: Update Kamis (19/3): Jumlah pasien corona 309, 25 meninggal, dan 15 sembuh

Tidak hanya itu, Novie juga mengimbau kepada pengguna jasa transportasi udara agar berperilaku hidup bersih dan sehat, dan apabila penumpang mengalami batuk dan flu untuk menggunakan masker selama berada di bandara maupun saat berada di pesawat.

"Dan bagi pengguna jasa transportasi udara yang mengalami sakit atau merasakan gejala akibat covid-19, diharapkan untuk menghindari ataupun menunda perjalanannya hingga kondisi fisik kembali pulih dan dapat beraktivitas kembali," pungkasnya.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×