kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,70   -25,03   -2.70%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemenpar siap beri insentif bagi Citilink


Rabu, 12 April 2017 / 14:56 WIB
Kemenpar siap beri insentif bagi Citilink


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. Citilink Indonesia menyambut baik inisiatif Kementerian Pariwisata yang akan memberikan insentif penerbangan ke destinasi wisata baru yang belum memiliki konektivitas yang baik.

Direktur Utama PT Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo mengatakan, pihaknya siap membantu program Kementerian Pariwisata dalam meningkatkan konektivitas udara di Indonesia dengan pasar-pasar utama. "Ini merupakan upaya untuk melanjutkan kesepakatan yang telah dicapai direksi sebelumnya," kata Juliandra dalam keterangan resmi, Rabu (12/4).

Manajemen maskapai berbiaya murah ini melakukan silaturahmi dengan Menteri Pariwisata pada Rabu (12/4) sekaligus mendiskusikan rencana Citilink Indonesia dalam mendukung upaya menggenjot jumlah kunjungan wisatawan mancanegara yang ditargetkan sebanyak 15 juta orang pada 2017.

Dalam diskusi itu, Kementerian Pariwisata juga menggandeng Citilink Indonesia untuk mengerucutkan upaya membangun "Spirit Indonesia Incorporated" guna mengembangkan pariwisata di tanah air.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mendorong Citilink untuk membuka rute ke destinasi wisata baru yang belum memiliki konektivitas yang baik dengan menyatakan kesiapan pemberian insentif kepada anak perusahaan Garuda Indonesia ini.

“Kemenpar siap untuk memberikan insentif bagi Citilink dan maskapai lainnya yang membuka chartered flight (penerbangan carter) dengan rute baru yang belum diterbangi sebelumnya, baik dari atau ke kota baru di Indonesia, maupun kota baru di negara pasar,” kata Arief.

Menurut Arief, melayani rute baru di destinasi yang masih belum memiliki konektivitas yang baik memang menjadi tantangan tersendiri dengan istilah playing in the green field atau bermain di tempat yang benar-benar baru. Bahkan, menurutnya, di lapangan baru itu pula Citilink bisa merambah bisnis lainnya, seperti di bidang properti.

"Airlines merupakan bisnis yang high profile namun profitnya tidak banyak, jadi harus mengembangkan bisnis di sektor lain, misalnya properti,” tambah Arief.

Citilink sebagai perusahaan pelat merah juga harus mampu menjalin koordinasi dengan instansi pemerintah ataupun BUMN lainnya yang mengelola penerbangan dan bandara.

Terkait hal itu, Citilik harus bersinergi dengan Garuda Indonesia dalam menggarap segmen pasar, di mana target market Garuda adalah kelas menengah ke atas sedangkan market Citilink, merupakan kelas menengah ke bawah yang jumlahnya lebih besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×