kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45887,73   13,33   1.52%
  • EMAS1.365.000 0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemenperin Dorong Wuling Lanjutkan Ekspansi Mobil Listrik di Indonesia


Rabu, 19 Juni 2024 / 13:51 WIB
Kemenperin Dorong Wuling Lanjutkan Ekspansi Mobil Listrik di Indonesia
ILUSTRASI. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita bertemu jajaran SAIC-GM-Wuling Automobile Co., Ltd di Beijing, pekan lalu


Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) fokus mengembangkan industri kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) dengan mengundang pabrikan otomotif terkemuka dunia. 

Dalam pertemuan dengan jajaran SAIC-GM-Wuling Automobile Co., Ltd di Beijing, pekan lalu, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mendorong salah satu perusahaan produsen pertama mobil listrik di Indonesia ini untuk meningkatkan produksinya di Indonesia dan menjadikan Indonesia sebagai hub produksi untuk ekspor.

“Kami memberikan apresiasi kepada Wuling yang merupakan salah satu perusahaan pertama yang mengisi mobil listrik di Indonesia. Apalagi, Wuling menjadikan Indonesia sebagai satu-satunya fasilitas pabrikasi mobil listrik di luar China,” ujar Agus dalam siaran pers di situs Kemenperin, Selasa (18/6).

Dengan perkembangan produksi mobil listrik Wuling yang begitu pesat di Indonesia, selama ini Wuling juga telah memberikan input penting dalam pengembangan industri mobil listrik di Indonesia, khususnya untuk perusahaan tersebut.

Baca Juga: Menperin Pacu Neta Jadikan RI Basis Produksi dan Hub Ekspor Kendaraan Listrik

Menperin menyampaikan dua hal terkait perkembangan bisnis kepada Wuling. Pertama, untuk dapat meningkatkan dan mengoptimalkan kapasitas produksinya di Indonesia. Menurut Agus, pengembangan mobil listrik Wuling di Indonesia tidak cukup berhenti di sini. 

"Potensi luar biasa yang sudah diberikan oleh Wuling dapat dikembangkan atau dimanfaatkan di Indonesia,” jelas dia.

Yang kedua, Menperin mendorong Wuling untuk menjadikan Indonesia sebagai hub untuk mengekspor produk-produk Wuling ke seluruh dunia, tentunya di luar produk-produk Wuling dari China, khususnya untuk menjawab permintaan pasar secara keseluruhan.

Dalam pertemuan tersebut, President Director PT SGMW Motor Indonesia, Shi Guoyong menyebutkan, selama tujuh tahun beroperasinya perusahaan di Indonesia hingga saat ini, investasi Wuling di Indonesia mencapai lebih dari US$ 700 juta dan telah menjangkau sekitar 130.000 pembeli, serta melakukan ekspor ke Thailand. 

“Wuling juga merupakan pabrik pertama yang dapat memproduksi mobil listrik dan mencapai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 40% pertama di Indonesia,” terang dia.

Dia menambahkan, dukungan dan insentif yang diberikan pemerintah Indonesia memungkinkan perusahaan melakukan investasi dengan lancar dan saat ini dapat memproduksi tiga jenis produk mobil listrik. 

Baca Juga: Penjualan Mobil Listrik Wuling Motors Melesat Signifikan

Wuling Indonesia juga mengabarkan bahwa salah satu stakeholder Wuling, yaitu SAIC Co., merupakan produser kendaraan Morris Garage (MG). Saat ini, perusahaan tersebut berinisiatif meningkatkan investasi dengan menambah merek MG dalam jajaran mobil listrik yang diproduksi oleh Wuling.

Terkait aktivitas industri yang dijalankan, Shi menyampaikan rencana ke depan yang akan dijalankan oleh Wuling Indonesia. Di antaranya menjajaki pasar Australia, Selandia Baru, Malaysia, dan Afrika Selatan. Kemudian, Wuling juga memiliki rencana memproduksi mobil listrik jenis 7-seater MPV. Yang tidak kalah pentingnya, Wuling berupaya meningkatkan sistem pasokan mobil listrik dengan merangkul beberapa perusahaan China untuk berinvestasi di Indonesia.

“Kami mengedepankan pengembangan mobil listrik, terutama dengan meluncurkan produk yang berkualitas dengan teknologi tinggi baik untuk brand Wuling dan MG,” tutupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×