kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45801,69   11,79   1.49%
  • EMAS1.048.000 1,85%
  • RD.SAHAM 0.64%
  • RD.CAMPURAN -0.07%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Kemenperin gelar kompetisi desain AMMDes


Senin, 05 Agustus 2019 / 23:18 WIB
Kemenperin gelar kompetisi desain AMMDes

Reporter: Muhammad Julian | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bekerja sama dengan PT Kreasi Wintor Indonesia dan National Modificator and Aftermarket Association (NMAA) menggelar kompetisi modifikasi digital Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) bertajuk ‘Kemenperin AMMDes Digimodz‘.

Penyelenggaraan kompetisi ini bertujuan untuk memperoleh masukan pengembangan desain AMMDes sekaligus sebagai upaya untuk mensosialisasikan penggunaan AMMDes kepada masyarakat.

Baca Juga: AMMDes jadi pilot project ambulans di Banten

“Dalam rangka menggairahkan industri otomotif nasional, modifikasi perlu disalurkan tidak hanya untuk brand yang sudah ada, tetapi (juga) membantuk pemerintah dalam pengembangan desain berbagai produk otomotif,“ ujar Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, Harjanto pada Senin (5/8).

Pendaftaraan untuk mengikuti kompetisi ini telah dibuka sejak tanggal 9 Juli 2019 sampai dengan 5 Agustus 2019. Kompetisi ini digelar secara daring dan terbuka bagi peserta dari seluruh Indonesia.

Baca Juga: Kemperin dorong pemanfaatan AMMDes untuk tingkatkan produktivitas masyarakat desa

Berdasarkan keterangan Founder NMAA, Andre Mulyadi, sudah ada sekitar 100 peserta yang mendaftarkan diri dalam kompetisi ini per tanggal 5 Agustus 2019.

Pada nantinya, pemenang dari kompetisi ini akan dibagi menjadi dua kategori, yaitu pemenang utama dan pemenang social media favorite. Pemenang utama akan mendapatkan hadiah berupa piala dan sertifikat dari Kemenperin beserta uang tunai sebesar RP 10 juta.

Selain itu, hasil karya desain dari pemenang utama juga akan dipamerkan di Indonesia Modification Expo (IMX) yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 September 2019 di Balai Kartini, Jakarta.

Baca Juga: Kemperin dan KMWI gelar seminar AMMDES

Sementara itu, pemenang kategori social media favorite memperoleh sertifikat dari Kemenperin beserta uang tunai sebesar Rp 5 juta.

Untuk diketahui, AMMDes merupakan alat mekanis yang dirancang untuk mempermudah pekerjaan-pekerjaan di sektor pertanian, perkebunan, perikanan, kesehatan, dan tanggap darurat bencana.

Program pengembangan AMMDes pertama kali diluncurkan oleh pemerintah pada Agustus 2018. Program ini bertujuan untuk meningkatkan produkstivitas dan kesejahteraan masyarakat desa.

Baca Juga: Anak Usaha Astra Otoparts (AUTO) Menargetkan Produksi 3.000 Unit AMMDes

Menurut keterangan Harjanto, AMMDes didesain, direkayasa, serta dirancang oleh insinyur Indonesia. Selain itu, komponen dan parts yang ada di dalam AMMDes dipasok oleh perusahaan industri komponen dalam negeri dengan tingkat kandungan lokal (TKDN) lebih dari 70%.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×