kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Kementerian BUMN: B30 akan dilaunching akhir bulan ini


Selasa, 10 Desember 2019 / 11:21 WIB
Kementerian BUMN: B30 akan dilaunching akhir bulan ini
ILUSTRASI. Kementerian ESDM rampungkan uji jalan B30, berikut rekomendasi teknis di 2020.

Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga memastikan bahwa launching program B30 akan lebih cepat ketimbang rencana awal. Pasalnya, implementasi penerapan sebelumnya direncanakan baru akan diterapkan pada awal tahun depan.

"B30 itu akan dilaunching akhir Desember ini, nanti saya beritahu. Mungkin minggu-minggu terrakhir (bulan ini) akan dilaunching jadi lebih cepat," ujarnya di Jakarta, Selasa (10/12).

Baca Juga: HIP Desember 2019: biodiesel Rp 7.914 per liter, bioetanol Rp 10.348 per liter

Berkaca pada impelementasi dari penggunaan B20 yang mampu menggantikan impor solar hingga 3,5 juta kilo liter. Nantinya juga penerapan B30 akan membeirkan efek penurunan impor solar yang lebih besar sesuai dengan keinginan Presiden Joko Widodo.

"Sudah diimplementasikan sekarang, nanti akan tersedia di SPBU di Desember ini itu informasinya, tetapi tunggu launching dari Pak Jokowi," lanjutnya.?

Dirinya pun membenarkan bahwa manajemen Pertamina sudah bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Yang jelas, dirinya mengaku penerapan B30 akan terealisasi di akhir bulan ini dan langsung bisa dimanfaatkan bagi masyarakat.

Baca Juga: Duh, Eropa kenakan pajak impor atas biodiesel Indonesia hingga 18%

"Pak Ahok sudah ketemu Pak Jokowi ya bahas masalah kuota impor. Informasi yang saya dapat sih mereka bahas kuota impor migas itu bagaimana bisa diturunkan," tutupnya.




TERBARU

Close [X]
×