kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45949,73   8,09   0.86%
  • EMAS1.029.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Kepala BKPM Ungkap Konstruksi Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Dimulai Tahun Ini


Jumat, 13 Januari 2023 / 20:29 WIB
Kepala BKPM Ungkap Konstruksi Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Dimulai Tahun Ini
ILUSTRASI. Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyampaikan bahwa konstruksi dari investasi LG dan Contemporary Amperex Technology Co., Limited (CATL) akan dimulai pada tahun ini.

Nantinya, dari investasi keduanya akan menciptakan ekosistem kendaraan listrik dari hulu hingga hilir. Bahlil bahkan mengatakan bahwa ekosistem tersebut akan menjadi ekosistem electric vehicle (EV) pertama di dunia.

LG dan CATL akan menggandeng sejumlah perusahaan lokal di bawah holding BUMN pertambangan.

Baca Juga: Pemerintah Targetkan Produksi Baterai Kendaraan Listrik Mulai Tahun 2024

"Kalau LG sama CATL konsepnya, dari mining dia kerja sama dengan PT Aneka Tambang Tbk (Antam), smelter sama IBC (Indonesia Battery Coporation) BUMN sahamnya yang dimiliki Antam, MIND ID., PLN dan Pertamina. Kemudian prekursor katoda baterai cell sampai recycle. Jadi ini satu satunya ekosistem pertama di dunia," jelas Bahlil dalam Kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (13/1).

Menurutnya, LG akan mengucurkan investasi sekitar US$9,8 miliar. Sedangkan CATL akan berinvestasi kurang lebih US$ 6 miliar. Bahlil mengatakan investasi tersebut yang akan running di tahun ini.

Untuk lokasi smelter nantinya akan berada di Maluku Utara. Kemudian untuk LG sebagian prekursor katodanya akan berada di Batang, Jawa Tengah.

Sedangkan untuk investasi dari CATL lokasi prekursor katodanya sedang ditentukan lokasinya, antara Batang dan Kalimantan Utara. "CATL lagi menentukan lokasinya antara Batang dan Kaltara," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×