kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.917   13,00   0,08%
  • IDX 7.201   60,44   0,85%
  • KOMPAS100 1.107   12,17   1,11%
  • LQ45 879   12,50   1,44%
  • ISSI 221   1,06   0,48%
  • IDX30 449   6,62   1,49%
  • IDXHIDIV20 541   6,13   1,15%
  • IDX80 127   1,51   1,20%
  • IDXV30 134   0,46   0,35%
  • IDXQ30 149   1,78   1,20%

Kepuasan Pelanggan Jadi Salah Satu Key Performance Indicators yang Tetap Relevan


Selasa, 07 Juni 2022 / 19:14 WIB
Kepuasan Pelanggan Jadi Salah Satu Key Performance Indicators yang Tetap Relevan
ILUSTRASI. Jalan Jenderal Sudirman di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, tampak lengang di hari ke-3 pemberlakuan imbauan bekerja di rumah dan belajar di rumah, Rabu (18/3/2020). Warta Kota/Alex Suban


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kepuasan pelanggan merupakan salah satu key performance indicators yang tetap relevan bagi perusahaan dan menjadi prioritas dalam memberikan pelayanan. 

Sebagai wujud apresiasi terhadap merek dan perusahaan yang berhasil memberikan kepuasan terbaik kepada para pelanggannya, Majalah SWA dan Business Digest menyelenggarakan penghargaan bertajuk Indonesia Customer Satisfaction Achievement Award 2022 dan Indonesia Consumer Financial Service Award 2022.

Ajang ini sekaligus untuk mendukung perusahaan memberikan pelayanan yang semakin baik dan terus berinovasi agar dapat memenuhi ekspektasi pelanggan. Pemberian penghargaan ini dilakukan berdasarkan hasil survei kepuasan pelanggan terhadap lebih dari 5.000 responden yang tersebar di enam kota besar di Indonesia, yaitu di Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Medan dan Makassar. 

Adapun metode survei dilakukan dengan wawancara tatap muka kepada pengguna merek yang pernah digunakan, dengan parameter 4P marketing yang diperluas yakni product, price, place dan promotion.

Baca Juga: Mendag Lutfi Usulkan Penambahan Anggaran Kemendag pada 2023

Kemal E. Gani, Group Chief Editor SWA Media menyampaikan bahwa penghargaan ini bertujuan untuk memberikan feedback sekaligus dorongan agar merek terus berupaya dan tiada henti menjawab perubahan harapan dan kebutuhan pelanggan. 

“Jika kita berhasil memuaskan pelanggan dan dilakukan secara berkelanjutan, tentu itu sudah menjadi modal utama untuk membuat para pelanggan menjadi loyal,” kata dia dalam keterangannya, Selasa (7/6).

Pada kesempatan yang sama, Erik Meijer, Komisaris ipSCAPE mengungkapkan perkembangan teknologi yang terjadi secara eksponensial saat ini juga diikuti dengan perubahan karakteristik dan kebutuhan konsumen. 

“Maka perusahaan yang bisa menang di era ini adalah perusahaan yang bisa mengawinkan atau menyocokkan teknologi yang mereka gunakan untuk melayani kebutuhan konsumen yang terus berubah,” tutur Erik.

Baca Juga: Nestle Tingkatkan Investasi di Indonesia: Produksi MILO untuk Pasar Indonesia 100%

Berikut adalah di antara penerima penghargaan Indonesia Customer Satisfaction Achievement Award (ICSAA) 2022: Adem Sari Ching Ku, Pigeon, Sasa, Roma, Kara Coco, Hydro Coco, Yeo’s, Indocafe Coffeemix, Finna, Kara Minyak Goreng Kelapa, Barco, Filma, Philips, Sharp, Acer dan Toyota Avanza.

Sementara penerima penghargaan Indonesia Consumer Financial Service Award (ICFSA) 2022 yakni PT AXA Mandiri Financial Services, PT Mandiri AXA General Insurance, PT Asuransi Allianz Life Indonesia, PT Bank Danamon Indonesia Tbk, PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia, PT Bank CIMB Niaga Tbk, BCA Finance, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank BCA Syariah, PermataBank Syariah, Bank BJB dan BNI Life.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×