kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kilang Minyak Balikpapan Terbakar, Stok dan Produksi BBM Dipastikan Aman


Senin, 16 Mei 2022 / 16:47 WIB
Kilang Minyak Balikpapan Terbakar, Stok dan Produksi BBM Dipastikan Aman
ILUSTRASI. Sejumlah petugas pemadam kebakaran dari Pertamina berusaha menangani kebakaran yang terjadi di area RU V Pertamina, Karanganyar, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (4/3/2022).


Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - BALIKPAPAN. Pertamina memastikan produksi Bahan Bakar Minyak (BBM) tetap berjalan setelah kilang minyak di Balikpapan terbakar pada Minggu (15/5). Saat ini stok BBM dari Kilang Balikpapan masih mencukupi untuk pemenuhan kebutuhan suplai ke terminal BBM di Balikpapan.

Selanjutnya, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) bersinergi dengan PT Pertamina Patra Niaga (PT PPN) memastikan produksi dan suplai BBM ke masyarakat tetap dapat berjalan normal, tanpa ada kendala. Bahkan Pertamina juga telah mempersiapkan skenario alih suplai, berkoordinasi dengan Pertamina Grup sebagai antisipasi dan untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan BBM masyarakat.

Upaya pemulihan operasional kilang saat ini juga tengah dilakukan oleh tim internal Pertamina Balikpapan untuk memastikan agar Plant 5 dapat segera kembali beroperasi maksimal. Selain itu dilakukan pengaturan produksi di unit-unit lainnya dalam kilang agar dapat berproduksi secara optimal.

Baca Juga: Pasca Terbakar, Pertamina Jadwalkan Perbaikan Plant 5 Kilang Balikpapan Kelar 7 Hari

Ely Chandra, Area Manager Comm, Relation & CSR Kilang Balikpapan menyampaikan bahwa plant 5 menghasilkan salah satu komponen dalam produksi BBM. “Saat ini, kami akan mengoptimalkan stok yang terdapat dalam tangki. Namun, kami juga tengah mempersiapkan rencana tambahan bahan baku produk untuk menggantikan kebutuhan komponen HOMC dari Plant 5 yang diperlukan untuk memproduksi BBM,” ujar Ely.

PT KPI akan mempergunakan komponen PT PPN yang diambil dari dari Terminal BBM Tanjung Uban. HOMC (High Octane Mogas Componen) merupakan komponen yang diperlukan untuk memproduksi BBM beroktan tinggi seperti Pertamax.

Baca Juga: Kilang Minyak Balikpapan Terbakar, Suara Ledakan Terdengar hingga Jarak Dua Kilometer

“Perbaikan Plant 5 dijadwalkan selesai dalam tujuh hari ke depan, dan kita memastikan produksi BBM tetap dapat berjalan dengan aman. Mohon doa dan dukungannya agar tahapan-tahapan perbaikan tersebut dapat dilaksanakan semaksimal mungkin,” kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Kilang Minyak Balikpapan Terbakar, Stok dan Produksi BBM Dipastikan Aman.
Penulis: Kontributor Balikpapan, Ahmad Riyadi
Editor: Pythag Kurniati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×