kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kimia Farma Gandeng Bank Mandiri untuk Kemudahan Akses Layanan Kesehatan


Selasa, 04 Oktober 2022 / 21:47 WIB
Kimia Farma Gandeng Bank Mandiri untuk Kemudahan Akses Layanan Kesehatan
ILUSTRASI. Direktur Utama PT Kimia Farma?Tbk (KAEF) David Utama.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebagai upaya memperkuat digitalisasi di lingkungan bisnis, PT Kimia Farma Tbk (KAEF) bersama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) bersinergi membangun bisnis yang berkelanjutan. Proses digitalisasi Kimia Farma meliputi produk digital milik perusahaan yaitu Kimia Farma Mobile yang terintegrasi dengan aplikasi Livin’ by Mandiri, Kopra by Mandiri, Pelayanan Payment Point Online Bank (PPOB) di semua jaringan Apotek Kimia Farma, serta kerja sama penyediaan solusi value chain financing untuk ekosistem kesehatan Kimia Farma.

Perwujudan kemitraan bisnis tersebut ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Kimia Farma dengan Bank Mandiri di Jakarta, Selasa (4/10). Penandatanganan kerja sama ini dihadiri oleh Direktur Utama Kimia Farma David Utama beserta jajaran direksi serta Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi bersama Direktur Treasury and Internasional Banking Bank Mandiri Panji Irawan.

“Melalui kerja sama ini, layanan yang berbasis mobile digital platform milik Kimia Farma yaitu Kimia Farma Mobile dan Livin’ by Mandiri akan menjadi platform andalan setiap masyarakat Indonesia dalam mengakses layanan kesehatan,” ujar David Utama dalam siaran pers yang diterima Kontan, Selasa (4/10).

Baca Juga: Kinerja Turun pada Semester I, Manajemen Kimia Farma Sebut Hanya Bersifat Sementara

Kimia Farma Mobile nantinya dapat diakses melalui Livin’ di fitur Sukha, sehingga akan memberikan manfaat bagi masyarakat untuk lebih mudah memenuhi kebutuhan produk dan layanan kesehatan sehari-hari, mempermudah bertransaksi, serta mempermudah pembayaran tanpa perlu berpindah ke aplikasi lain dengan menerapkan konsep “one stop solution for all your lifestyle”.

Sementara itu, Darmawan Junaidi mengatakan, upaya percepatan transformasi bisnis, peningkatan kualitas, serta perluasan layanan dan produk merupakan fokus utama Bank Mandiri dalam menghadirkan solusi perbankan bagi perusahaan dan ekosistemnya melalui Kopra by Mandiri, antara lain dengan solusi cash management dan value chain financing.

"Kerja sama ini menjadi wujud konsistensi kedua belah pihak untuk saling mendukung dalam memberikan manfaat dan layanan terbaik kepada masyarakat lewat penyediaan layanan yang dapat diakses secara mudah, cepat, dan aman," terang Darmawan.

Kopra by Mandiri hadir dengan berbagai fitur baru, antara lain Layanan On Boarding, Giro Online Now, Soft Token, Layanan Virtual Assistant, Other Bank Account Information, dan Kopra Mobile App.

Lebih lanjut, David mengatakan, kolaborasi ini juga akan mengintegrasikan 7 Solutions Kimia Farma Apotek dengan Kopra by Mandiri sebagai layanan wholesale digital single access. Dalam hal ini, Kopra sebagai pusat transaksi finansial korporasi secara end-to-end akan mendukung 7 Solutions Kimia Farma Apotek sebagai platform digital yang mengintegrasikan ekosistem kesehatan di seluruh Indonesia.

Platform 7 Solutions ini nantinya akan memberikan kemudahan kepada setiap rumah sakit, klinik kesehatan, dan fasilitas kesehatan lainnya di Indonesia dalam melaksanakan kegiatan transaksi, smart stock, omni channel, customer loyalty, big data, integrasi klinik, program rujuk balik, dan juga homecare.

Baca Juga: Pendapatan Turun, Kimia Farma (KAEF) Rugi Rp 205 Miliar di Semester I 2022

Ke depannya, kolaborasi Kimia Farma dan Bank Mandiri juga akan mempermudah Kimia Farma dalam setiap pelayanan di offline store Kimia Farma Apotek. Terdapat layanan Mandiri Payment Point Online Banking yang mana melalui solusi ini, setiap offline store Kimia Farma Apotek di seluruh Indonesia akan terkoneksi dengan mudah secara online dan realtime sehingga setiap data transaksi dapat diakses dengan mudah dan akurat.

David menambahkan, sinergi ini menjadi wujud komitmen antar BUMN untuk menciptakan layanan komprehensif serta terintegrasi dalam satu aplikasi dengan beragam layanan Kimia Farma dan Bank Mandiri.

"Harapannya, adaptasi bisnis ini yang mengarah pada digitalisasi transaksi kebutuhan gaya hidup termasuk kebutuhan kesehatan, dapat semakin memperluas pasar Kimia Farma Mobile, Livin’ by Mandiri, dan Kopra by Mandiri yang dapat memudahkan masyarakat," pungkas David.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×