kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,59   -6,37   -0.64%
  • EMAS998.000 -0,60%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Kinerja ciamik, penjualan Map Aktif Adiperkasa (MAPA) naik 18,4% hingga kuartal III


Rabu, 10 November 2021 / 19:29 WIB
Kinerja ciamik, penjualan Map Aktif Adiperkasa (MAPA) naik 18,4% hingga kuartal III
ILUSTRASI. Suasana gerai perlengkapan olahraga Sports Station yang berada di bawah Map Aktif Adiperkasa (MAPA)


Reporter: Ika Puspitasari, Venny Suryanto | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA), anak perusahaan dari PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI), yang bergerak di bisnis sports, kids dan leisure berhasil mencatatkan kenaikan penjualan bersih hingga 18,4% yoy menjadi senilai Rp 3,8 triliun pada periode sembilan bulan pertama tahun ini.

Di saat yang sama, MAPA juga membukukan perbaikan posisi rugi bersih menjadi Rp 14,9 miliar. Jumlah itu turun 86,89% dibandingkan dengan rugi bersih di periode yang sama tahun 2020 yang mencapai Rp 113,7 miliar.

Meski sempat mengalami penurunan penjualan pada kuartal III-2021, namun MAPA optimistis bisa mencetak perbaikan kinerja hingga tutup tahun nanti.

Ratih D. Gianda, VP Investor Relations, Corporate Communications and Sustainability MAP Group menyatakan pembukaan kembali mal pada bulan September secara bertahap di seluruh wilayah Indonesia, Vietnam, Thailand, dan Filipina, menunjukkan adanya kemungkinan bahwa dampak terburuk pandemi Covid-19 akan mereda.

Penjualan dan margin meningkat secara signifikan pada bulan September di semua wilayah dibandingkan tahun 2020. Hal ini dikarenakan adanya pemulihan yang kuat pada konsumsi di bulan tersebut, setelah gerai kembali dibuka dengan jam operasional semi reguler dibandingkan beberapa bulan sebelumnya.

Baca Juga: Mirae: MAP Aktif Adiperkasa (MAPA) paling diuntungkan dari pembukaan mal

Ratih bilang, pemulihan tersebut terlihat jelas pada ketiga segmen inti, yaitu sports, leisure, dan kids. Branded commerce sports, leisure & kids menunjukkan pencapaian utama perusahaan pada kuartal ini, merupakan hasil dari pengelolaan inventory yang baik melalui berbagai kanal eCommerce yang terus berkembang.

Selain itu, MAPA Hal ini juga melakukan pengendalian margin di tengah kondisi pasar yang sedang memberikan potongan harga besar-besaran.

“Perusahaan bekerja keras untuk memulihkan penjualan melalui berbagai kanal digital dan membangun kembali momentum, dengan pembukaan gerai secara bertahap. Kerja keras ini mulai menunjukkan hasil positif di bulan September," terangnya, Rabu (10/11).

Ketika sebagian besar gerai dalam mal ditutup, penjualan digital MAPA terus meningkat dengan pertumbuhan 52% YoY pada kuartal III-2021. Kenaikan penjualan terutama berasal dari platform Planet Sports, MAPCLUB, Kidz Station, Skechers, Crocs, serta Sports Station melalui marketplace.

Penjualan digital MAPA berkontribusi hampir 15% dari penjualan pada periode Januari-September 2021.

Selanjutnya, MAPA juga melanjutkan pengembangan basis data dari MAPCLUB loyalty program members yang ditargetkan secara spesifik. Pada saat yang sama memfokuskan personalisasi penawaran produk sesuai dengan usia, gender dan merek favorit mereka.

 

 

Ratih menjelaskan, taktik ini memberikan peluang kepada perusahaan untuk menjual lebih banyak produk dengan margin yang lebih tinggi, bahkan pada saat kondisi pasar yang memberikan potongan harga secara terus-menerus.

Sementara itu, upaya perusahaan dalam melakukan analisis data secara berkesinambungan, memungkinkan perbaikan alokasi produk di seluruh kanal online dan offline. Menurutnya, hal ini mengoptimalkan tingkat inventory di semua kanal yang tepat serta mengurangi penurunan harga.

Di sisa akhir tahun ini, MAPA juga mengantisipasi perbaikan kinerja secara bertahap di seluruh wilayah operasional perusahaan pada saat kondisi pandemi mereda.

Ratih menekankan bahwa MAPA akan terus berinvestasi dengan para mitra terpilih di seluruh ASEAN seiring dengan membaiknya kondisi pasar.

"Dengan kerja sama yang erat ini, kami dapat memaksimalkan keunggulan MAPA dalam strategi Unified Retail, dipadukan dengan keahlian para mitra dalam pengelolaan merek dan pemasaran," pungkasnya.

 

Selanjutnya: Soal revisi PP 109 tahun 2012, Kemenkes: izin prakarsa sudah sampai di Setkab

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×