Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebagai bentuk keberpihakan dan kehadiran negara kepada UMKM melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, Kementerian Kelautan dan Perikanan meluncurkan Program #pasarlautindonesia.
Kegiatan pembinaan dan pendampingan yang dilakukan antara lain pelatihan on boarding UMKM di marketplace, fasilitasi galeri produk UMKM di bandara dan rest area, fasilitasi pameran virtual, serta fasilitasi promosi dan pemasaran produk unggulan UMKM.
Terkini, KKP memamerkan produk-produk UMKM dibawah #pasarlaut Indonesia pada perhelatan Expo 2020 Dubai.
Expo 2020 Dubai merupakan pameran berskala dunia (world expo) yang menampilkan perkembangan dan kemajuan di bidang industri, teknologi, budaya, lingkungan hidup, dan lain lain.
Baca Juga: KKP Akan Menata Jaringan Kabel dan Pipa Bawah Laut
Gelaran kegiatan tersebut akan berlangsung selama 182 hari (6 bulan) pada tanggal 1 Oktober 2021 - 31 Maret 2022, dan diikuti oleh 192 negara peserta dari seluruh dunia dengan target pengunjung sebanyak 25 juta orang.
Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Artati Widiarti mengungkapkan, keikutsertaan KKP pada Expo 2020 Dubai bertujuan untuk meningkatkan citra positif produk kelautan dan perikanan di dunia khususnya di pasar Timur Tengah dan Afrika.
"Kami mengundang masyarakat dunia untuk menjelajah kekayaan cita rasa 17 ribu pulau yang ada di Indonesia melalui produk seafood kami”, jelas Artati saat lawatannya di Dubai, Jumat (19/11/2021).
Kementerian Kelautan dan Perikanan berpartisipasi dalam Paviliun Indonesia pada rolling exhibition tanggal 19 – 25 November 2021, dengan kegiatan promosi yang dilakukan antara lain display produk premium seafood, produk kosmetik berbasis rumput laut, kerajinan kekerangan serta produk UMKM unggulan #pasarlautindonesia.