kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 -0,95%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Konser Musik Makin Semarak, Ekonomi RI Ikut Terdongkrak


Selasa, 12 Maret 2024 / 17:31 WIB
Konser Musik Makin Semarak, Ekonomi RI Ikut Terdongkrak
ILUSTRASI. Deretan konser musik 2024 di Indonesia diprediksi tidak kalah meriah dengan tahun-tahun sebelumnya


Reporter: Rashif Usman | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Deretan konser musik 2024 di Indonesia diprediksi tidak kalah meriah dengan tahun-tahun sebelumnya. Sejumlah musisi luar negeri pun kini mengantre untuk manggung di Indonesia.

Kemenparekraf sebutĀ ada sederet musisi luar negeri yang sudah terkonfirmasi bakal menggelar konser pada tahun ini di Tanah Air, mulai dari Jonas Brothers, Ed Sheeran, Nova Amor, Diana Krall, IU, Niall Horan hingga Lamb of God.

Banyaknya musisi yang mengantre manggung di Indonesia dianggap menjadi momen mempromosikan Indonesia ke masyarakat luas dan mendatangkan banyak wisatawan mancanegara. Hal ini juga dinilai mampu mendorong kebangkitan perekonomian nasional.

Baca Juga: Kemenparekraf Siapkan Dana Rp 2 Triliun untuk Konser Kelas Dunia, Ini Tanggapan APMI

Direktur Ekonomi Digital Celios, Nailul Huda mengatakan, dampak ekonomi dari sederet konser yang digelar tentu akan sangat signifikan terutama bagi daerah penyelenggara konser. Menurutnya, perputaran uang bisa didapatkan mulai dari sektor transportasi-akomodasi hingga penyedia makanan dan minuman.

"Pelaku bisnis besar hingga UMKM turut terkena imbas positif dari konser-konser tersebut," kata Nailul kepada Kontan, Senin (11/3) malam.

Dirinya melihat, kesuksesan konser musik yang terjadi tahun lalu akan berlanjut positif di tahun ini. Ia menjelaskan, kalangan masyarakat kelas menengah-atas hingga menengah-bawah benar-benar menikmati sejumlah konser musik yang digelar tahun lalu.

"Konser dengan performer dari dalam maupun luar negeri banyak diminati oleh masyarakat," ujarnya.

Kendati demikian, ia menerangkan bahwa kunjungan wisatawan dari luar negeri yang ingin menonton konser di Tanah Air belum terasa signifikan. Oleh karenanya, ia meminta agar pemerintah juga menyiapkan sejumlah strategi untuk menarik turis mancanegara.

"Itu yang dilakukan oleh Singapura dengan konser eksklusif Taylor Swift di sana. Persiapannya mulai dari kajian dampak hingga venue yang tepat guna untuk penyelenggaraan konser," ucapnya.

Baca Juga: Konser Taylor Swift Bikin Aktivitas Ekonomi Makin Bergairah

Diberitakan sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparektraf) Sandiaga Uno mengungkapkan, pemerintah sudah menyiapkan dana Rp 2 triliun demi memfasilitasi berbagai konser dan acara internasional di Tanah Air.

"Ke depannya, selain perizinan dan peningkatan SDM, pemerintah akan memfasilitasi berbagai konser dan event internasional melalui Indonesia Tourism Fund yang tahun ini akan digelontorkan sebanyak Rp 2 triliun," kata Sandiaga dalam unggahan akun Instagram pribadinya @sandiuno, pekan lalu.

Dirinya menilai, apa yang dilakukan oleh pemerintah Singapura untuk konser Taylor Swift beberapa waktu lalu harus menjadi inspirasi dan pelajaran bagi semua pihak.

"Saya melihat apa yang dilakukan oleh Pemerintah Singapura untuk Taylor Swift ini harus menjadi inspirasi dan pelajaran bagi kita bersama," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×