kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.342.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Konsisten Lakukan Praktik CSR, Berikut Penjelasan dari Bos Bumi Resources (BUMI)


Kamis, 13 Juni 2024 / 13:07 WIB
Konsisten Lakukan Praktik CSR, Berikut Penjelasan dari Bos Bumi Resources (BUMI)
ILUSTRASI. Maket pertambangan batubara PT Kaltim Prima Coal (KPC) dari kelompok PT Bumi Resources Tbk saat pameran Indonesia Investor Forum 2 di Jakarta Convention Center, Rabu (30/5). KONTAN/Daniel Prabowo/30/05/2007


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bumi Resources Tbk (BUMI) bersama dua entitas unit usahanya, PT Kaltim Prima Coal (KPC) dan PT Arutmin Indonesia (Arutmin) membuktikan komitmen memberikan nilai tambah bagi lingkungan dan membantu masyarakat tumbuh bersama program-program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dijalankan. 

“Komitmen BUMI dalam tiap program CSR merupakan Core Competence dari bisnis Perseroan yang telah menyatu di BUMI dan unit usaha,” kata Presiden Direktur BUMI, Adika Nuraga Bakrie dalam keterangannya, Kamis (13/6).

Ia menjelaskan, bagi BUMI, CSR lebih dari sekadar program, melainkan praktik baik yang secara konsisten terus dijalankan untuk menciptakan kemandirian Masyarakat.

Sejalan dengan CSR Flagship BUMI yakni untuk mengembangkan masyarakat yang mandiri melalui keunikan Indonesia, berguna untuk masyarakat dan kebersamaan yang didukung dengan strategi komunikasi yang terintegrasi untuk komunitas lokal, nasional dan internasional.

Komitmen BUMI dalam melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan diimplementasikan sesuai Peraturan Presiden (Perpres) No. 59 tahun 2017 tentang Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals - SDGs), berpedoman pada pilar-pilar SDGs, mengintegrasikan prinsip People, Planet, Prosperity, Partnership, dan Peace, serta mengacu pada standar ISO 26000.

Langkah nyata di bidang CSR yang secara kontinyu dijalankan oleh grup BUMI meliputi 7 Program, meliputi: 1) Pengembangan Agribisnis, 2) Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah, 3) Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Pemerintah dan Masyarakat, 4) Kesehatan, 5) Pendidikan dan Pelatihan, 6) Infrastruktur, 7) Pelestarian Alam dan Budaya.

Berbagai bentuk apresiasi yang diterima BUMI secara berkelanjutan, merupakan salah satu bukti konsistensi dan keseriusan BUMI menggarap misi tumbuh bersama masyarakat sekitar perusahaan maupun di seputar wilayah operasional pertambangan. 

Sejumlah penghargaan bidang CSR yang disabet BUMI dalam beberapa bulan terakhir, di antaranya:

1. 5 penghargaan pada gelaran Top CSR Award 2024 dari Majalah Top Business (MSI Group) akhir Mei lalu. BUMI berhasil mendapatkan tiga penghargaan sekaligus. Yaitu Top CSR Award #Star 4 2024, Top Leader CSR Commitment 2024, dan Top CSR Special Awards 2024. Sementara Arutmin berhasil meraih dua penghargaan yaitu TOP CSR Award #Star 4 2024 untuk Tambang Satui, dan TOP Leader on CSR Commitment 2024.

2. 9 penghargaan pada acara Corporate Social Responsibility (CSR) dan Pembangunan Desa Berkelanjutan (PDB) Awards 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi pada awal Mei 2024. Arutmin mendapatkan penghargaan kategori Gold untuk lima lokasi binaannya, sementara KPC mendapatkan 4 penghargaan dalam berbagai kategori, salah satunya Gold untuk Wanita-Wanita Tangguh Hadirkan Iklim Teduh di Kecamatan Sangatta Utara.

3. 19 penghargaan dalam acara Indonesian Sustainable Development Award (ISDA) 2023 dan Indonesian CSR Award (ICA) 2023 yang digelar oleh Corporate Forum for CSR Development (CFCD), akhir tahun lalu. Penghargaan yang diraih Arutmin antara lain The Most Committed Corporate to Community Involvement & Development, dan The Top Corporate Leadership on SDGs for Economy Pillar. Adapun KPC antara lain Platinum Program Reklamasi Pascatambang, Platinum Program Pemanfaatan Air Permukaan, serta Platinum Program Pengoperasian Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik Dalam Rangka Pengurangan Gas Rumah Kaca.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×