kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Konsorium CTCorp dinilai memenuhi syarat untuk jadi operator Pelabuhan Patimban


Jumat, 23 Oktober 2020 / 17:30 WIB
Konsorium CTCorp dinilai memenuhi syarat untuk jadi operator Pelabuhan Patimban
ILUSTRASI. Konsorium CTCorp lolos prakualifikasi untuk menjadi operator Pelabunan Patimban.


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah mengumumkan calon perusahaan operator yang lolos tahap pra kualifikasi proyek Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) Pelabuhan Patimban, Jawa Barat. Dari hasil seleksi, hanya satu perusahaan konsorsium yang memenuhi semua kriteria yang ditetapkan, yakni Konsorsium Patimban yang terdiri dari PT CTCorp Infrastruktur Indonesia, PT Indika Logistic & Support Services, PT U Connectivity Services, dan PT Terminal Petikemas Surabaya.

Pengamat Infrastruktur Kemaritiman dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, Raja Oloan Saut Gurning menilai, keempat entitas dalam satu konsorsium tersebut selama ini mungkin memiliki catatan dan pengalaman yang eksis terkait dengan layanan jasa operasi dan logistik maritim atau infrastruktur terkait. "Termasuk penyediaan dana ekuitas yang dipersyaratkan sekitar Rp 4,8 triliun itu," ujar Saut kepada kontan.co.id, Jumat (23/10).

Saut menyebut, penilaian kelayakan dalam pemilihan mungkin dieksplorasi berdasarkan pengalaman, kemampuan dan kompetensi semua anggota konsorsium. "Kalau dalam pengamatan kami, kemungkinan ada pembagian peran atau fungsi konsorsium guna memenuhi persyaratan ruang lingkup yang dimintakan," katanya.

Baca Juga: CTCorp Infrastruktur di Patimban, Chairal Tanjung: Kami Berikan yang Terbaik

Ia menjelaskan, pembagian peran keempat perusahaan tersebut, seperti PT CT Corp Infrastruktur Indonesia untuk penyedia suprastruktur pelabuhan termasuk pemeliharaan fasilitas kolam pelabuhan, PT Indika Logistic & Support Services untuk layanan logistik kendaraan dan layanan sisi darat. Sedangkan PT Terminal Petikemas untuk layanan jasa petikemas.

Sementara PT U Connectivity Services terkait jasa ICT. Menurutnya, pendanaan mungkin akumulasi dan kontribusi semua anggota konsorsium, dan kalau melihat dari berbagai entitas ini terlihat ada gabungan antara korporasi swasta, publik yang juga mungkin keterlibatan kekuatan komersial domestik dan mungkin internasional.

Saut berharap, terpilihnya empat perusahaan yang tergabung dalam satu konsorsium operator Pelabuhan Patimban mampu memberikan penyediaan infrastruktur layanan jasa kontainer, kendaraan, pemeliharaan kolam perairan dan kolam pelabuhan serta kebutuhan pendanaan asset sebesar 30% dari perkiraan total aset.

Selanjutnya: Konsorsium CTCorp lolos prakualifikasi pelabuhan Patimban, ini tanggapan peserta lain

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×