kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45770,96   1,15   0.15%
  • EMAS930.000 0,22%
  • RD.SAHAM -0.09%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Konstruksi FSRU untuk PLTGU Jawa 1 capai 62,5%


Senin, 13 Januari 2020 / 19:59 WIB
Konstruksi FSRU untuk PLTGU Jawa 1 capai 62,5%
ILUSTRASI. Pekerja memeriksa proses produksi pada Kapal Floating Storage & Regasification Unit (FSRU) Jawa Barat yang bersandar di perairan Teluk Jakarta, Jakarta, Selasa (19/9). FSRU Jawa Barat yang dioperasikan PT Nusantara Regas mampu memasok gas maksimum 500 jut

Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Progres pembangunan kapal Floating Storage Regasification Unit (FSRU) Jawa Satu sudah mencapai 62,5%. Capaian hingga Januari 2020 itu lebih cepat 0,1% dari target awal, yakni 62,4%.

Pertamina pun telah melepas perdana Kapal FSRU Jawa Satu ke permukaan air laut. Direktur Hulu Pertamina Dharmawan H. Samsu mengungkapkan, pembangunan Proyek Jawa Satu memiliki nilai strategis bagi Pertamina dalam upaya kontribusi terhadap pemenuhan energi nasional, khususnya di program kelistrikan nasional.

Dharmawan menyebut, capaian pembangunan kapal FSRU yang sesuai jadwal ini menunjukkan kerja sama yang baik antara Sponsors Proyek Jawa Satu dan juga dengan pihak Kontraktor Pembangunan Kapal – Samsung Heavy Industries (SHI).

Baca Juga: Ditargetkan rampung November 2020, konstruksi FSRU untuk PLTGU Jawa 1 capai 62,5%

Adapun, pelepasan Kapal FSRU Jawa Satu ini telah dilaksanakan di galangan kapal SHI di Geoje-si, dekat Busan, Korea Selatan, pada Sabtu, 11 Januari 2020.

Pelepasan tersebut dihadiri oleh Direktur Hulu Pertamina, Dharmawan H Samsu dan Pelaksana Tugas Harian Direktur Utama Pertamina Power Indonesia (PPI) Indra Trigha.

“Pelepasan ini merupakan tahapan penting bagi penyelesaian keseluruhan scope proyek Jawa Satu. Kami berharap kesuksesan capaian dapat berkelanjutan agar keseluruhan proyek selesai sesuai target," kata Dharmawan melalui keterangan tertulisnya, Senin (13/1).

Dengan capaian tersebut, kata Dharmawan, Pertamina berharap SHI dapat menyelesaikan pembangunan Kapal FSRU Jawa Satu dengan tepat waktu, tepat kualitas, tepat anggaran dan sesuai persyaratan. Adapun, pada November 2020 ditargetkan sudah bisa dilakukan penamaan pada Kapal FSRU Jawa Satu ini.

Menurut Dharmawan, Kapal FSRU Jawa Satu merupakan fasilitas pendukung utama dan langsung terintegrasi dengan Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Jawa Satu.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×