kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Konsumsi Pertamax di Sulawesi selama libur Natal naik 46%


Selasa, 29 Desember 2020 / 13:30 WIB
Konsumsi Pertamax di Sulawesi selama libur Natal naik 46%
ILUSTRASI. Konsumsi Pertamax di wilayah Sulawesi selama libur Natal tahun ini meningkat hingga 46%.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Berdasarkan data internal Pertamina, pada masa libur Natal tahun ini, masyarakat Sulawesi banyak memilih menggunakan bahan bakar minyak (BBM) berkualitas beroktan tinggi. Peningkatan tersebut terjadi pada BBM jenis Pertamax yang mencapai 46% pada 23 Desember dan sebesar 40% pada 24 Desember 2020 dibandingkan konsumsi normal harian.

Menurut Unit Manager Comm, Rel, & CSR MOR VII, Laode Syarifuddin Mursali tingginya kebutuhan pemudik pada BBM berkualitas dan ramah lingkungan ini merupakan fenomena menarik. “Pada libur panjang Natal ini, selain konsumsi Pertamax di Sulawesi yang meningkat dibandingkan konsumsi normal harian, pada H-1 Perayaan Natal, peningkatan konsumsi juga terjadi pada BBM jenis Pertalite sebesar 31%, Pertamax Turbo naik di atas 5% dan Dexlite naik signifikan hingga tembus di atas 70%,”ujarnya lewat keterangan tertulis, Selasa (29/12).

Laode menjelaskan, beberapa titik wisata di Sulawesi mengalami peningkatan konsumsi yang signifikan untuk produk BBM berkualitas. Di Toraja, konsumsi Pertamax naik signifikan hingga naik 72% dibandingkan normal.

Baca Juga: Konsumsi BBM berkualitas di area jalan tol Trans Jawa naik signifikan di libur nataru

Sementara di Sulawesi Utara yang banyak juga destinasi wisatanya, konsumsi Pertamax naik diatas normal selama masa libur Natal dari tanggal 23 – 25 Desember yang sampai tembus kenaikan konsumsi hingga 94% atau hampir dua kali lipat dari konsumsi harian biasanya. Untuk Pertamax Turbo bahkan naik 129% dari konsumsi normal.

Laode menambahkan, tren ini menunjukkan para pengendara semakin meyakini bahwa kenyamanan bepergian untuk mudik ke kampung halaman ataupun berlibur bersama keluarga yang menempuh penjalanan jauh mensyaratkan kendaraan yang prima.

Pertamax Turbo dengan Research Octane Number (RON) 98 dan Pertamax dengan RON 92 untuk kendaraan mesin bensin, serta Pertamina Dex dengan Cetane Number (CN) 53 untuk kendaraan mesin diesel akan menjamin pembakaran mesin kendaraan pemudik akan lebih sempurna dan maksimal.

“Penggunaan Pertamax Series dan Dex Series cocok untuk perjalanan jauh karena keunggulannya mesin menjadi lebih dingin, irit bahan bakar (efisiensi), keawetan mesin, dan meningkatkan perfoma mesin serta ramah lingkungan,” terang Laode.

Pada masa Libur Natal dan Tahun Baru, Pertamina Regional Sulawesi sejak awal Desember hingga pertengahan Januari menyiagakan seluruh SPBU yang berada di jalur utama mudik dan wisata dan memperkuat pelayanan penyaluran BBM selama masa libur Natal dan Tahun Baru dengan menyiagakan 1 unit Mobile Dispenser di Makassar, 7 titik SPBU Kantong di daerah Toraja dan menyiagakan Motor Kemasan (PDS) sebanyak 22 titik yang tersebar di Sulawesi.

Sampai dengan 31 Desember 2020, masyarakat pun mendapatkan potongan harga bensin lebih hemat Rp 250 per liter dengan menggunakan aplikasi My Pertamina untuk pembelian Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina Dex dan Dexlite.

Selanjutnya: Pertamina jamin ketersediaan BBM non-PSO tahun 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×