kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45995,98   2,63   0.26%
  • EMAS967.000 0,00%
  • RD.SAHAM -1.86%
  • RD.CAMPURAN -0.70%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kontrak kapal ternak berlanjut, Pelni optimistis muatan naik 21%


Rabu, 24 Februari 2021 / 21:50 WIB
Kontrak kapal ternak berlanjut, Pelni optimistis muatan naik 21%
ILUSTRASI. Kontrak kapal ternak berlanjut, Pelayaran Nasional Indonesia optimistis muatan naik 21%


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Pelayaran Nasional Indonesia (PT Pelni) I kembali ditugaskan untuk mengoperasikan satu unit angkutan ternak, KM Camara Nusantara 1.

Penugasan tersebut didapat seiring dengan kepercayaan yang Pelni dapat dari pemerintah untuk tetap mengoperasikan kapal tol laut di 2021.

Pjs. Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni, Opik Taupik memproyeksi, KM Camara Nusantara 1 mampu membawa hingga 8.000 ekor hewan ternak menuju Jakarta. Dengan proyeksi tersebut, PELNI berharap mampu mendukung kebijakan nasional untuk swasembada daging.

"Proyeksi tahun 2021 meningkat 21% dari realisasi tahun sebelumnya, dimana pada 2020 PELNI telah mengangkut hingga 6.608 hewan ternak," ujar Opik dalam keterangan tertulis, Rabu (24/2)

Baca Juga: Pelindo IV beri relaksasi kepada pengguna jasa pelabuhan di tengah pandemi

KM Camara Nusantara 1 merupakan kapal ternak pertama di Indonesia yang dibangun oleh Pemerintah. Pengoperasiannya kapal ini dipercayakan kepada PELNI.

Berbeda dengan kapal angkut lain, KM Camara Nusantara 1 sebagai kapal ternak didesain  dengan memperhatikan prinsip animal welfare yang dapat membantu meminimalkan penyusutan bobot ternak sebesar 8 - 10 persen.

Desain  KM Camara Nusantara 1  juga didesain untuk mengurangi risiko tingkat stress hewan selama masa pelayaran.  Dengan desain ini, KM Camara Nusantara 1 diharapkan mampu menjaga kualitas hewan hingga pelabuhan tujuan ketika melakukan pengangkutan.

Selanjutnya: Pelni operasikan 9 trayek kapal barang pada 2021

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale (SCMPES)

[X]
×