Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
JAKARTA. PT Krakatau Steel (Persero) Tbk menargetkan untuk meningkatkan pangsa pasar mereka untuk baja otomotif. Dalam tiga tahun, mereka menargetkan pangsa pasar mereka bisa naik sekitar tiga kali lipat.
Direktur Utama Krakatau Steel Irvan Kamal Hakim bilang, hingga tahun 2013 pangsa pasar mereka baru mencapai 7%. "Bisa sampai 20% dalam tiga tahun ke depan tapi kami lakukan bertahap," katanya, Senin (17/2).
Sedangkan untuk tahun ini, ia menargetkan pengusaan pasar mereka di segmen otomotif bisa menembus 10%.
Saat ini, menurutnya, volume kebutuhan baja untuk otomotif mencapai 1 juta ton. Artinya secara volume, ia menargetkan bisa menjual 100.000 ton baja ke sektor otomotif selama 2014.
Untuk meningkatkan pangsa pasar, pihaknya mengincar dua jenis mobil yang dinilai punya pasar yang bagus. Keduanya adalah mobil low cost green car (LCGC) dan mobil niaga.
Seperti yang diketahui, mobil LCGC diharuskan sebanyak mungkin menggunakan komponen buatan dalam negeri. Sehingga membuka peluang bagi perseroan untuk memasok baja ke produsen mobil jenis ini.
Ia pun menyebut, Krakatau Steel sudah melakukan pembicaraan dengan beberapa ATPM pembuat mobil murah, seperti Toyota dan Honda.
Sedangkan untuk kendaraan komersial, ia bahkan menyebut Krakatau Steel sudah cukup lama memasok baja ke segmen ini. "Kami sudah lama bekerja sama dengan Hino," ujar dia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News