kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Laporan Eksklusif Jobstreet: Proses Rekrutmen di Indonesia Lebih Aktif Tahun Ini


Kamis, 25 Januari 2024 / 17:20 WIB
Laporan Eksklusif Jobstreet: Proses Rekrutmen di Indonesia Lebih Aktif Tahun Ini
ILUSTRASI. Jobstreet by SEEK merilis laporan eksklusif terbaru bertajuk "Rekrutmen, Kompensasi dan Manfaat 2024"


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Lidya Yuniartha

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jobstreet by SEEK merilis laporan eksklusif terbaru bertajuk "Rekrutmen, Kompensasi dan Manfaat 2024". Laporan ini menyebutkan, pasar kerja Indonesia memiliki momentum yang positif tahun ini, dengan ada peningkatan aktivitas perekrutan.

Momentum yang positif ini tampak dari hasil survei, yakni hampir 50% responden percaya bahwa pasar kerja akan lebih aktif pada paruh pertama di tahun ini.

Pada periode Januari-Juni 2024, ada 45% perekrut yang percaya bahwa tingkat aktivitas pasar ketenagakerjaan di Indonesia akan lebih aktif dari sekarang, dan pada periode Juli-Desember 2024, ada 44% perekrut percaya hal yang sama.

"Signal positif ini membuat kita yakin, walaupun di tahun ini kita mengalami beberapa event, tapi dari sisi rekrutmen lebih aktif," ujar Wisnu Dharmawan, Sales Director, Indonesia - Jobstreet by SEEK, Kamis (25/1).

Menurut dia, roses perekrutan di tahun 2023 pun sudah menunjukkan tren peningkatan. Pasalnya, laporan ini menyebutkan, ada 97% perusahaan yang merekrut setidaknya 1 pegawai di 2023. Angka ini meningkat dari 2022 yang sebesar 92%. 

"Artinya, 2023 lebih baik dari 2022, dan 2024 kemungkinan besar akan lebih baik dari 2023. Ini tren yang positif," ungkapnya.

Baca Juga: Apa itu Remote Working? Pengertian, Ciri-ciri, Manfaat, dan Perbedaan dengan WFH

Bila dilihat, ada juga peningkatan pada jenis pegawai baru yang direkrut tahun lalu. Perekrutan pegawai tetap purna waktu sejumlah 80%, perekrutan pegawai tetap paruh waktu 52%, pegawai kontrak/sementara purna waktu sebanyak 66%, dan pegawai kontrak/sementara paruh-waktu 17%.

Bukan hanya melaporkan aktivitas perekrutan di 2024. Laporan ini juga menunjukkan seperti apa tren kompensasi dan manfaat bagi para pekerja. Ini disebut sebagai faktor-faktor dalam pengambilan keputusan ketenagakerjaan.

Saat ini, sudah banyak manfaat yang diberikan perusahaan untuk membuat karyawan termotivasi, seperti pemberian cuti khusus, manfaat akomodasi, program pengembangan karir, work-life balance, manfaat finansial, dan berbagai manfaat lain.

Wisnu pun memberikan rekomendasi agar rekruiter memanfaatkan peluang untuk merekrut talenta terbaik mengingat rekrutmen akan lebih aktif di tahun ini.

Bukan hanya itu, perektur pun direkomendasikan untuk menyempurnakan strategi mengenai kompensasi dan benefit dengan melakukan review lebih sering dan komprehensif.

Baca Juga: Pendaftaran Lowongan BBOP Bank BRI 2024 Dibuka, Ini Posisi dan Syarat Daftarnya

Kemudian, juga menyempurnakan paket benefit dengan meluncurkan penawaran yang lebih populer dari tiap kategori, dan meningkatkan moral karyawan dan memberikan dukungan bagi yang mengalami stres.

Laporan ini berdasarkan survei yang dilakukan pada September 2023 terhadap 1.180 praktisi rekrutmen di Indonesia dari berbagai sektor utama, seperti Manufaktur, IT & Telekomunikasi, dan Ritel & Perdagangan.

Sawitri, Country Marketing Manager - Indonesia, Jobstreet by SEEK menyebutkan, jumlah ini sudah bisa mewakili seluruh perusahaan yang ada di Indonesia.

Harapannya, dengan laporan ini, perusahaan bisa memanfaatkan wawasan ini agar bisa menyusun strategi yang lebih baik baik dalam rekrutmen, tunjangan, maupun kompensasi.

"Juga, agar mereka bisa lebih kompetitif dalam mendapatkan tenaga kerja yang terbaik," kata Sawitri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Jangan Lewatkan
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×