kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Larangan mudik lebaran mencuat, ini tanggapan Damri


Rabu, 01 April 2020 / 18:14 WIB
Larangan mudik lebaran mencuat, ini tanggapan Damri
ILUSTRASI. Perum DAMRI melakukan pembersihan bus dengan disinfektan dalam upaya pencegahan penularan virus Corona.


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan Umum Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia (Perum DAMRI) tetap mempersiapkan armada dan pelayanannya untuk kegiatan angkutan lebaran, sambil menunggu instruksi tertulis dari pemerintah terkait dilaksanakan atau tidaknya angkutan Lebaran 2020.

Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan DAMRI Nico R. Saputra mengatakan, Damri memahami upaya pemerintah yang mungkin melarang aktivitas mudik, walaupun tentu akan berpengaruh terhadap kinerja perusahaan.

Namun pihaknya tetap mengikuti dan mendukung instruksi dan kebijakan pemerintah yang tengah mempertimbangkan melarang mudik Lebaran 2020 di tengah menyebarnya virus corona atau Covid-19 di Indonesia.

Baca Juga: Damri hentikan sementara sebagian layanan untuk cegah covid-19, berikut rinciannya

Menurut Nico, Aktivitas mudik memang dapat menjadi media penyebaran virus corona di Indonesia. Pasalnya, pemudik dapat menjadi pihak yang membawa virus ke daerah asalnya, sehingga area sebaran virus menjadi lebih luas dan penderita menjadi semakin banyak.

"DAMRI tetap mengikuti dan mendukung instruksi dan kebijakan pemerintah, DAMRI akan tetap mendukung instruksi, edaran atau perintah yang dikeluarkan pemerintah untuk sama-sama melawan corona," ujar Nico kepada kontan.co.id, Rabu (01/4).

Nico mengakui dari segi bisnis otomatis sangat berpengaruh terhadap kinerja perusahaan, karena momen Lebaran adalah momen baik untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas perusahaan.

Baca Juga: Virus Corona (Covid-19) Menyebabkan Jumlah Penumpang Pebisnis Transportasi Menyusut

Perum DAMRI mencatatkan keberhasilannya melayani 205.000 pemudik dalam Angkutan Lebaran 2019 lalu. DAMRI menyelenggarakan Angkutan Lebaran tahun 2019/1440 H mulai dari arus mudik hingga arus balik, mulai dari 26 Mei hingga 13 Juni 2019.

Jumlah pemudik berkisar 205.000 orang tersebut diantar dengan menggunakan 844 armada, 525 armada di antaranya dipergunakan untuk pemudik yang dikoordinir oleh PT Jasa Raharja melalui aktivitas Mudik Gratis BUMN.

"Kinerja cemerlang pada 2019 tersebut kemungkinan besar tidak dapat terulang mengingat rencana Mudik Gratis BUMN pun urung digelar," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×