kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Layanan data 3 naik lebih dari 40% saat mudik Lebaran


Senin, 10 Juni 2019 / 08:59 WIB
Layanan data 3 naik lebih dari 40% saat mudik Lebaran


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Hutchison 3 Indonesia mencatat kenaikan trafik layanan data hingga 40% selama musim liburan Idul Fitri dan pejalanan mudik. Lonjakan trafik di jaringan 3 khususnya di layanan data meningkat lebih dari 40% dibanding hari biasa dan terjadi mulai H-10 bersamaan dimulainya libur panjang Hari Kenaikan Isa Almasih dan berlanjut ke Idul Fitri.

Namun, 3 telah mengantisipasi lonjakan ini dengan memperluas kapasitas dan jangkauan 4G/4.5GPro hingga ke lebih dari 10.000 desa dan kelurahan di lebih dari 300 kota dan kabupaten. "Ini untuk membantu dan memudahkan pelanggan mengabadikan dan membagikan momen spesial secara real time selama perayaan Idul Fitri dan masa liburan ini, serta kembali ke kota asal dengan selamat,” ujar Desmond Cheung, Chief Technology Officer 3 Indonesia dalam siaran pers, Senin (10/6)

Aktivitas video streaming yang dilakukan oleh pelanggan 3 mayoritas menggunakan aplikasi YouTube, Instastory dan Live Report Instagram serta fitur Live Report Facebook. Aktivitas streaming ini menunjukkan sambutan positif pelanggan 3 atas produk kartu AMIPro (Anak Muda Indonesia) yang memberikan unlimited akses ke YouTube dan VIU.

Selain itu, telah terjadi juga peningkatan pembelian mobile games sebesar lebih dari 100% dan mendorong kenaikan trafik Mobile Legend hingga 155%. Pelanggan 3 juga aktif bermedia sosial Facebook dan Instagram serta menyampaikan salam Idul Fitri di aplikasi pesan WhatsApp yang melonjak sekitar 35%. Lonjakan trafik layanan data tertinggi terjadi di daerah wisata dan kota tujuan mudik yaitu Yogyakarta, Purworejo, Brebes, Jombang dan Blora.

Operator seluler ini juga telah melakukan optimalisasi di jalur mudik dan kota-kota tujuan mudik sesuai anjuran dari Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yaitu jalur kereta api Solo-Yogyakarta-Semarang, rute Jakarta-Surabaya melalui kapal laut dan jalan tol, jalur perjalanan darat Jakarta-Merak-Palembang dan kota tujuan mudik Makassar, Medan, Banjarmasin, Balikpapan dan Padang. Selain itu, 3 telah melakukan transformasi core network system yang tersebar di 19 kota sehingga pengaturan trafik komunikasi data 3 tidak terpusat,

“Dengan diberlakukannya sistem ini memudahkan bagi kami untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dalam menggunakan layanan internet 3, memperluas kapasitas serta menyeimbangkan kapasitas jaringan dengan lancar. Sehingga  pelanggan 3 dapat mengakses mobile games, Instagram, Facebook, aplikasi instant messaging dengan lebih cepat,” lanjutnya.

Ketersediaan layanan 3 di jalur mudik dan wisata merupakan wujud komitmen 3 untuk mendukung mobilitas pelanggan 3 dengan akses internet handal. Jaringan 3 diperkuat oleh 65.000 unit BTS, hingga akhir Mei 3 Indonesia telah melakukan perluasan jangkauan di 364 kota dan kabupaten. Perluasan ini meliputi perluasan jangkauan kota yang sudah terlayani sebelumnya dan dibukanya kota baru. 3 Juga menempatkan sejumlah mobile BTS di titik-titik kepadatan trafik seperti rest area dan gerbang tol untuk optimalkan kapasitas layanan di jalan tol Merak-Sidoarjo. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×