kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Layanan data telekomunikasi akhir tahun melonjak


Jumat, 02 Januari 2015 / 14:49 WIB
Layanan data telekomunikasi akhir tahun melonjak
ILUSTRASI. Inflasi AS Mereda Jadi Sinyal Hijau IHSG? Ini Kata Analis


Reporter: Sanny Cicilia | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Perusahaan telekomunikasi mencatat lonjakan trafik di pergantian tahun lalu. Biasanya, masyarakat menggunakan layanan komunikasi suara, sms, dan data untuk mengucapkan selamat tahun baru atau berbagi resolusi di media sosial.

PT Indosat Tbk mengatakan mengantisipasi lonjakan trafik tersebut dengan meningkatkan kapasitas jaringan dan optimalisasi jaringan di wilayah trafik. 

Mengantisipasi trafik selama natal dan tahun baru, Indosat meningkatkan kapasitas trafik suara menjadi 2.340 juta menit/hari (39 juta erlang/hari). Untuk SMS, kapasitas ditingkatkan menjadi 1,285 miliar SMS/hari.

Sementara untuk data, Indosat meningkatkan kapasitas menjadi 1075 terabyte/hari. Secara nasional, hingga triwulan ketiga 2014, Indosat melayani 54,2 juta pelanggan, dengan didukung total BTS yaitu 37.382.

“Menjelang pergantian tahun 2015, 31 Desember 2014 kemarin, trafik suara nasional mengalami peningkatan sebesar 9,3%, trafik data naik 33,72%, dan trafik SMS naik 8,25% dibanding hari biasanya,” tambah Adrian Prasanto,  Division Head Public Relations dalam rilis resminya, Jumat (2/1).

Sedangkan Telkomsel mencatat kenaikan terbesar pada kebutuhan layanan paket data yaitu sebesar 20%. Layanan SMS dan suara cenderung stagnan, yaitu naik 1% dan turun sebesar 4%.

Rinciannya,  layanan data mencatat kenaikan sebesar 20% menjadi 1.046 teraByte, dibandingkan hari normal di tahun 2014. Sedangkan apabila dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2013, kenaikan mencapai 124%. 
 
SMS & Suara, layanan SMS mencatat kenaikan sebesar 1% menjadi 977 juta SMS, dibandingkan hari normal di tahun 2014. Sedangkan layanan suara mencatat penurunan sebesar 4% menjadi 1,3 milliar menit, dibandingkan hari normal di tahun 2014.

“Kami bersyukur bahwa lonjakan trafik komunikasi di periode natal dan tahun baru ini dapat dilayani dengan baik oleh jaringan kami di seluruh Indonesia, sehingga pelanggan tetap dapat menikmati kualitas terbaik dalam berkomunikasi," kata Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel, dalam rilis resminya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×