Reporter: RR Putri Werdiningsih | Editor: Dikky Setiawan
JAKARTA. Demi melayani angkutan mudik lebaran 2016, PT Pelabuhan Indonesia III mulai melakukan persiapan 13 terminal penumpang yang dioperasikannya. Persiapan ini, baik fasilitas fisik maupun sumber daya manusia untuk menyambut para pemudik.
“Petugas pelayanan operasional seperti petugas terminal penumpang, petugas pandu, operator radio dan petugas terkait lainnya dalam kondisi siap melayani pelayanan angkutan lebaran,” ujar Edi Priyanto, Kepala Humas Pelindo III dalam keterangan tertulisnya, Kamis (16/5).
Menurutnya, pada terminal penumpang kapal laut juga disediakan check in counter, ruangan merokok, ruang laktasi, ruang kesehatan, musholla, fasilitas penyandang cacat, kantin, lapangan parkir kendaraan, penyejuk ruangan (AC), jaringan wifi, TV, pengeras suara, alarm tanda bahaya, dan alat pemadam kebakaran.
Edi bilang, sistem pengaturan penumpang juga sudah disiapkan yaitu dengan melakukan pemisahan jalur embarkasi dan debarkasi penumpang.
“Pelindo III juga menyediakan layanan (call centre) sebagai pusat informasi yang berkaitan dengan pelayanan penumpang kapal laut,” imbuhnya.
Demi menunjang kelancaran angkutan lebaran tahun 2016 telah dibentuk satuan tugas pengamanan dan kelancaran kegiatan laut lebaran pada masing-masing pelabuhan terhitung mulai tanggal 18 Juni 2016 (H-18) hingga tanggal 24 Juli 2016 (H+17).
Satuan tugas tersebut dikoordinasikan oleh otoritas pelabuhan/KSOP setempat dan disiapkan posko terpadu di lokasi terminal penumpang, dengan personel terdiri dari kepolisian, militer, operator terminal Pelindo III, operator kapal/perusahaan pelayaran, dan rumah sakit/tenaga medis.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News