kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,71   6,11   0.68%
  • EMAS1.378.000 0,95%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lebaran 2024, ASDP Targetkan Seluruh Pengguna Ferry Sudah Beli Tiket Secara Online


Rabu, 27 Maret 2024 / 13:53 WIB
Lebaran 2024, ASDP Targetkan Seluruh Pengguna Ferry Sudah Beli Tiket Secara Online
ILUSTRASI. ASDP Indonesia Ferry menargetkan seluruh pengguna kapal Ferry sudah memiliki tiket sebelum menyebrang.


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Lidya Yuniartha

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saat ini, pembelian tiket ferry sudah dilakukan secara online. Lebaran tahun ini, PT ASDP Indonesia Ferry menargetkan seluruh pengguna kapal Ferry sudah memiliki tiket sebelum menyebrang.

Pasalnya, pada lebaran tahun lalu, masih ada pengguna Ferry yang ingin menyeberang tetapi belum membeli tiket lebih dulu. "Tahun lalu hampir 97% yang membeli tiket. Harapannya tahun ini sudah 100% memiliki tiket," ujar Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry, Shelvy Arifin, Senin (25/3).

Shelvy menerangkan, jumlah pengguna yang membeli tiket secara online peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya.

Sistem pembelian tiket secara online sudah diterapkan sejak 2020. Namun, hingga 2022, pengguna yang sudah membeli tiket belum signifikan. Ini lantaran pandemi, dan pencabutan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) baru dilakukan di 2022.

Menurut Shelvy, peningkatan pembelian tiket secara online di 2023 akibat sosialisasi yang terus dilakukan.

Adapun, orang-orang yang belum memiliki tiket tahun lalu biasanya diarahkan untuk membeli tiket di buffer zone. Saat itu, dilakukan pengaturan penundaan perjalanan (delaying system) di beberapa titik, di mana setiap kendaraan diperiksa apakah sudah memiliki tiket ata tidak.

Lebih lanjut, Shelvy pun mengatakan bahwa pengguna Ferry sudah bisa membeli tiket secara online 60 hari sebelum keberangkatan.

Tiket tersebut dapat dibeli melalui platform Ferizy atau lewat online travel agent yakni tiket.com. Shelvy juga mengingatkan bahwa saat ini ASDP sudah menerapkan teknologi geofencing dalam pemesanan tiket, sehingga pengguna tidak akan bisa membeli tiket dari jarak tertentu.

Adapun, dalam pemberitaan sebelumnya, ASDP telah melakukan berbagai persiapan untuk melayani lebaran tahun ini.  Persiapan tersebut mulai dari kesiapan Alat Produksi ASDP & Anak Usaha dalam Skala Nasional mencakup koordinasi layanan oleh 27 Cabang yang mengelola 36 Pelabuhan, 225 unit kapal siap beroperasi (172 unit milik ASDP, 53 unit milik JN), yang akan melayani total keseluruhan 303 Lintasan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Jumlah penumpang Angkutan Lebaran tahun ini diperkirakn mencapai 5,78 juta penumpang dan 1,37 unit kendaraan di 8 lintasan terpantau Nasional yang berada dibawah koordinasi 9 Cabang ASDP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×