Reporter: Leni Wandira | Editor: Anna Suci Perwitasari
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar otomotif nasional kembali diramaikan dengan kehadiran pemain baru. LEPAS, sub-brand kendaraan listrik terbaru dari Chery Group, secara resmi meluncur untuk pertama kalinya di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 di ICE BSD City, Tangerang.
Menariknya, Indonesia menjadi negara pertama yang dipilih sebagai titik awal ekspansi global LEPAS.
“Peluncuran perdana LEPAS di Indonesia menjadi tonggak awal dimulainya strategi ekspansi global, dan Indonesia menjadi negara pertama yang kami pilih karena potensinya yang luar biasa dan peran kuncinya sebagai pasar otomotif terbesar di kawasan Asia Tenggara,” kata Rifkie Setiawan, Head of Brand & Marketing Department PT Chery Sales Indonesia, Rabu (23/7).
Sebagai bagian dari Chery Group yang telah lebih dulu memasarkan Chery dan Jaecoo di Indonesia, LEPAS hadir untuk menyasar segmen kendaraan listrik dan hybrid premium. Brand ini mengusung filosofi “Colorful Life, Masterful Drive”, dan ditujukan bagi konsumen modern yang menjadikan mobil sebagai bagian dari gaya hidup elegan, cerdas, dan berkelanjutan.
Baca Juga: Harga Mulai Rp 300 Jutaan, Chery C5 dan E5 Resmi Meluncur di Indonesia
LEPAS memulai debut globalnya di Hall 2G ICE BSD dengan memperkenalkan tiga model unggulan yang akan segera dipasarkan di Indonesia: L8, L6, dan L4. Masing-masing merupakan SUV berbasis teknologi New Energy Vehicle (NEV) yang dikembangkan dengan fokus pada desain, kecerdasan buatan, dan efisiensi energi.
Model perdana LEPAS yang akan diluncurkan dalam waktu dekat adalah L8, sebuah SUV super hybrid yang menyasar keluarga urban dengan kebutuhan mobilitas tinggi.
Zhong Wei, Deputy CEO LEPAS Global, menjelaskan bahwa kendaraan LEPAS tidak hanya dirancang berdasarkan spesifikasi teknis, melainkan juga filosofi gaya hidup. “Kami ingin para konsumen memiliki teman perjalanan sejati yang memahami, mencerminkan, dan mendukung aktivitas mereka sehari-hari,” ujarnya.
Strategi LEPAS tidak berhenti pada peluncuran produk. Perusahaan juga menyiapkan pendekatan komprehensif untuk mengakselerasi penetrasi pasar di Indonesia.
Langkah tersebut mencakup pengembangan kemampuan manufaktur lokal, kerja sama dengan mitra strategis nasional, serta penguatan ekosistem layanan purnajual dan jaringan distribusi.
Chery Group mengadopsi prinsip “In Somewhere, For Somewhere”, yang berarti setiap ekspansi ke negara baru akan disertai dengan komitmen pengembangan industri lokal.
Dengan pengalaman Chery Group selama lebih dari tiga dekade di bidang riset, manufaktur, dan rantai pasok global, LEPAS hadir dengan landasan teknis yang kuat. Perusahaan juga secara aktif menjajaki potensi produksi lokal guna memenuhi kebutuhan pasar Indonesia dan Asia Tenggara secara lebih efisien.
Tidak hanya dari sisi produk, strategi komunikasi merek LEPAS juga dirancang untuk memperkuat daya tariknya di mata konsumen premium muda. Kolaborasi dengan ajang Miss Universe menjadi bagian dari strategi ini.
Baca Juga: Mobil Listrik Laris, Harga BYD Atto 3 & Chery Omoda Turun Hingga Rp 50 Juta
Pada peluncuran perdananya di GIIAS 2025, LEPAS menghadirkan Miss Universe 2024, Clara Shafira Krebs, sebagai tamu kehormatan, menggambarkan nilai keselarasan antara kecerdasan, keanggunan, dan karakter kuat yang diusung merek ini.
Selama GIIAS berlangsung, pengunjung dapat mengeksplorasi seluruh filosofi dan inovasi LEPAS secara langsung melalui booth interaktif yang menampilkan lini produk serta fitur teknologi masa depan yang diusung.
Pameran ini sekaligus menjadi langkah awal LEPAS dalam membangun basis konsumen di Indonesia dan memperkuat posisi negara ini sebagai pusat pertumbuhan kendaraan listrik di Asia Tenggara.
Dengan strategi jangka panjang yang dirancang menyeluruh mulai dari positioning merek, peluncuran produk, manufaktur lokal, hingga kemitraan strategis, LEPAS optimistis mampu bersaing di tengah ketatnya industri otomotif Indonesia.
Selanjutnya: Nestlé Indonesia Turut Rayakan Semangat Hari Anak Nasional 2025 Bersama KemenPPPA
Menarik Dibaca: Strategi dan Teka-Teki: Dua Sisi Baru Dunia Pokemon
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News