kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lewat program Biru, BP-AKR realisasikan SPBU netral karbon


Selasa, 17 Agustus 2021 / 14:44 WIB
Lewat program Biru, BP-AKR realisasikan SPBU netral karbon
ILUSTRASI. SPBU BP hadir di Rest Area


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. BP-AKR, perusahaan patungan antara  British Petroleum (BP) dan PT AKR Corporindo memiliki program BP Target Neutral yang akan merealisasikan pompa bensin netral karbon di Indonesia. 

Bahkan, ke depannya jika permintaan kendaraan listrik di Indonesia semakin tinggi, BP-AKR telah menyiapkan rencana menginstalasi stasiun pengisian baterai atau EV charging stasion di seluruh pompa bensinnya di Tanah Air. 

Syahran Sidik Wahab, Brand and Communication Manager, PT Aneka Petroindo Raya (APR) menjelaskan sampai dengan saat ini sudah ada beberapa kegiatan atau program lingkungan dan sosial yang sudah dilaksanakan. 

"Dari segi lingkungan, kami memiliki program BP Target Neutral. Misi ini objektifnya adalah meraih target net zero carbon pada 2050. Melalui program ini, BP menghadirkan pompa bensin netral karbon di Indonesia untuk membantu mengurangi dan menanggulangi jejak karbon," jelasnya kepada Kontan.co.id, Senin (16/8). 

Baca Juga: Pertamina Hulu Rokan (PHR) eksekusi pengapalan perdana dari Blok Rokan

Sejatinya, sejak awal BP-AKR hadir di Tanah Air pada 2018, BP telah berkomitmen untuk mengurangi jejak karbon yang dihasilkan dari tiap kegiatan bisnis di SPBU. Tentu, setiap emisi karbon yang dihasilkan oleh setiap SPBU tidak bisa serta merta dikurangi, maka dari itu BP-AKR bekerja sama melakukan penyeimbangan penurunan jejak karbon lewat program dekarbonisasi seperti Program Biogas Rumah (BIRU). 

Konsep pompa bensin netral karbon ini menyeimbangkan setiap emisi karbon yang telah dikeluarkan masing-masing SPBU BP dengan mengkontribusikan karbonnya ke dalam program Biru. 

Pada program Biru ini, BP bekerja sama dengan NGO memasang biodigester yang mengubah kotoran hewan menjadi energi biogas terbarukan. Syahran mengungkapkan, program ini dapat mengurangi sekitar 20.000 ton karbon. 

Gas yang dihasilkan dari biodigester ini bisa digunakan untuk berbagai macam kegiatan salah satunya memasak. Syahran mengatakan, program Biru atau pemasangan biodigester ini telah berkontribusi untuk sejumlah wilayah di Tanah Air, yakni Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTT, Sumba, dan Sulawesi Selatan. 

Baca Juga: BP-AKR akan bangun 4 SPBU mini sampai akhir tahun nanti

Upaya lainnya yang akan dilakukan BP-AKR di Indonesia untuk menekan emisi karbon adalah mendukung perkembangan kendaraan listrik melalui pemasangan stasiun pengisian baterai atau EV Charging Station di SPBU BP-AKR. 

"Namun, kami tentu akan melihat dulu perkembangan EV di Indonesia. Saat EV sudah menjadi populer, BP siap untuk melakukan instalasi EV charger di SPBU kami karena kami sudah mempunyai EV Charging yang dijalankan di Inggris dan wilayah Eropa lainnya," kata dia. 




TERBARU

[X]
×