Reporter: Nadia Citra Surya | Editor: Test Test
JAKARTA. Pasar sedan premium memang tak pernah tumbuh drastis. Namun di tengah gejolak pasar dan naik turunnya daya beli masyarakat, segmen sedan yang dibandrol seharga miliaran Rupiah justru menjadi kategori mobil yang stabil penjualannya.
Makanya Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) pun tak ragu memboyong sedan-sedan yang menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) digolongkan dalam high class sedan upper segment ini.
Contohnya saja PT Toyota Astra Motor-Lexus Indonesia (TAMLI). ATPM yang mengusung merek Lexus ini meluncurkan varian sedan mewah The All New Lexus LS600h L. Sedan mewah berkapasitas mesin 5.000 cc ini merupakan satu-satunya varian sedan premium bertenaga hybrid yang ada di upper segment. "Kami membidik segmen ultra premium," kata Adrian Tirtadjaja, General Manager Lexus Indonesia, (16/2).
Makanya selain memiliki body yang cukup besar, fitur-fitur yang ada dalam sedan generasi keempat seri LS ini juga tak sembarangan. "All New Lexus LS 600h L ini memiliki tiga keunggulan yakni dari sisi tampilan, revolusioner, dan inovasi," ujar Chief Engineer Lexus LS Hideki Watanabe. Wajar saja, jika sedan hybrid ini dipatok seharga Rp 2,7 miliar (on the road Jakarta)..
Varian baru ini merupakan kelanjutan dari seri sebelumnya yakni sedan Lexus LS 460 L. Bedanya, varian terdahulu tak mengusung teknologi hybrid.
Adrian mengatakan penjualan sedan kategori premium memang terbilang stabil. Bukan saja karena segmennya adalah masyarakat yang kebal terhadap krisis, mereka juga tak terlalu sensitif soal harga. "Sebagian besar akan membeli karena hobi," ujarnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News