kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,55   2,12   0.24%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lippo bangun tower khusus investor Jepang


Senin, 02 Maret 2015 / 21:29 WIB
Lippo bangun tower khusus investor Jepang
ILUSTRASI. Jadwal lengkap kereta (KA) Prameks, Senin-Minggu, 18-24 September 2023


Reporter: Dityasa H Forddanta | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Permintaan properti di kawasan milik Grup Lippo, yakni Orange County di Cikarang terbilang tinggi. Saking tingginya permintaan tersebut, manajemen bersiap membangun satu tower yang khusus disiapkan untuk investor tunggal.

"Bangun satu tower lagi enggak sulit, kan," ujar Corporate Secretary PT Lippo Cikarang Tbk Danang Kemayan Jati kepada KONTAN belum lama ini.

Perlu diketahui, tower yang bakal didirikan ini sejatinya merupakan tower yang memang bakal dijual untuk umum. Tapi, umum di sini bukan berarti konsumen individu yang memang membeli apartemen untuk dipakai sendiri melainkan investor yang siap membeli satu tower tersebut untuk kemudian disewakan kepada publik.

Investor yang siap membeli satu tower itu merupakan perusahaan asal Jepang. "Perusahaan asal Jepang, tapi mereka tidak mau disebut identitasnya," imbuh Danang.

Memang, sejak pertama kali diluncurkan, Orange County menyerap banyak pembeli. Dalam tahap pertama peluncurannya, ada dua tower apartemen yang diluncurkan, yakni Irvine Suites dan Westwood Suites. Terbaru, ada Pasadena Suites yang diluncurkan.

Manajemen mengklaim. Irvine Suites dan Westwood Suites habis terjual saat hari pertama peluncurannya. Sementara, Pasadena Suites mengalami kelebihan permintaan hingga 120%.

Fenomena pembelian apartemen yang bukan dari konsumen langsung juga sudah terjadi sejak peluncuran Irvine Suites dan Westwood Suites ketika kala itu ada delapan orang yang memborong delapan lantai sekaligus.

Fenomena ini berlanjut pada Pasadena Suites yang sudah mendapat pra-komitmen atau diborong oleh segelintir pembeli. Masing-masing dua lantai tersebut terdiri atas 20 unit. Pasadena Suites ditawarkan sebanyak 1.000 unit dalam dua menara dengan harga perdana Rp 14 juta per meter persegi.

Manajemen bilang, pasarnya yang sangat jelas yakni menyasar ekspatriat menjadi alasan permintaan apartemen di Orange County tinggi. Selain itu, imbal hasil atau yield yang tinggi, mencapai 15% per tahun jika disewakan, menjadi alasan tinggi permintaan sekaligus menjadi dasar mengapa apartemen di Orange County dibeli hanya oleh segelintir pihak (investor).

Terkait dengan investor Jepang yang siap membeli satu tower apartemen di Orange County, Danang bilang saat ini detail skema dan transaksinya masih dibicarakan. Dalam waktu dekat, nota kesepahamannya bakal ditandatangani.

"Skema investasi dan pembangunan towernya seperti apa dan transaksinya berapa masih dibicarakan. Detailnya segera kami share jika prosesnya tuntas," pungkas Danang.

Namun, untuk gambaran saja, Orange County merupakan megaproyek dengan estimasi gross development value (GDV) senilai Rp 250 triliun. Luas bangunannya sekitar 16,5 juta meter persegi di atas lahan berdimensi 322 hektar. Di dalam Orange County terdapat pengembangan Lippo CBD seluas 82,3 hektar, dengan pengembangan tahap pertama 19,5 hektar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×