kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Listrik di 95 fasilitas umum terdampak gempa dan tsunamii akhirnya menyala kembali


Selasa, 09 Oktober 2018 / 18:56 WIB

Listrik di 95 fasilitas umum terdampak gempa dan tsunamii akhirnya menyala kembali
ILUSTRASI. Petugas PLN memperbaiki jaringan listrik di Palu

KONTAN.CO.ID - PALU. Kondisi kelistrikan wilayah Palu, Donggala dan Sigi kembali normal. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah berhasil memperbaiki tujuh Gardu Induk serta 45 Penyulang yang sempat mengalami kerusakan akibat gempa bumi dan tsunami.

Bedasarkan Laporan PLN, hingga Senin (8/10) pukul 23.00 WITA, sebanyak 95 pelanggan listrik fasilitas umum prioritas telah kembali menyala. Mayoritas fasilitas umum tersebut adalah kantor pemerintahan, rumah sakit, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), titik-titik perekonomian dan rumah ibadah.


"Berdasarkan Laporan PLN, pelanggan fasilitas umum priorotas tersebut rinciannya adalah 15 pelanggan kantor pemerintah, termasuk TNI dan Polri, 8 rumah sakit, 11 SPBU, 15 titik perekonomian, termasuk 1 mall dan 1 swalayan.

Selain itu, 18 Base Transceiver Station (BTS), 10 perbankan dan ATM serta 2 kantor Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) juga sudah menyala. Rumah ibadah yang terdiri dari 9 masjid dan 7 gereja juga listriknya telah menyala," terang Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Agung Pribadi dalam siaran persnya, Selasa (9/10).

Personil yang terlibat dalam penormalan ini adalah berjumlah 1.237 orang, yang terdiri dari tenaga pembangkitan, tenaga transmisi, tenaga distribusi, tenaga logistik dan tenaga kesehatan.

"Pulihnya sistem kelistrikan ini terlihat dari menggeliatnya aktivitas di beberapa sarana dan fasilitas umum yang listriknya sudah menyala, seperti Kantor Pemerintahan, Rumah Sakit, Masjid, Bank, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), Gereja dan Jalan Protokol," kata Agung.


Reporter: Febrina Ratna Iskana
Editor: Yoyok

Video Pilihan

Tag

Close [X]
×