kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

LRT mulai uji coba, minat hunian di daerah Cipayung mendadak tinggi


Senin, 02 Desember 2019 / 15:26 WIB
LRT mulai uji coba, minat hunian di daerah Cipayung mendadak tinggi
ILUSTRASI. Pekerja menyelesaikan pembuatan kereta Light Rail Transit (LRT) di PT Industri Kereta Api (Inka) Madiun, Jawa Timur, Rabu (10/4/2019).


Sumber: Kompas.com | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Minat membeli hunian di kawasan Cipayung belakangan cukup tinggi, apalagi ketika proyek Light Rail Transit ( LRT) sedang dikerjakan. Berdasarkan data yang dikemukakan oleh portal properti Lamudi, pada 2017 lalu ada 4.557 orang yang mencari iklan hunian yang dijual di Cipayung melalui Lamudi, kemudian pada 2018 meningkat tajam menjadi 7.779 orang.

Mart Polman, Managing Director Lamudi mengatakan, meningkatnya jumlah pencarian iklan hunian tersebut disebabkan karena kawasan Cipayung dikelilingi sarana infrastruktur yang lengkap.

Baca Juga: Resmi beroperasi, LRT Jakarta targetkan 14.000 penumpang per hari

Salah satunya proyek LRT yang dinilai bisa menjadi solusi kemacetan yang terjadi di Jakarta. "LRT bisa menjadi moda transportasi idaman selain MRT. Kehadirannya akan mengubah wajah transportasi pada kawasan Jabodetabek," kata Mart, Sabtu (30/11/2019).

Proses pengerjaan proyek LRT atau kereta api ringan jalur Cawang-Cibubur memang hampir rampung dikerjakan. Hal itu terlihat dari uji coba yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo pada awal November lalu.

LRT jalur Cawang-Cibubur sendiri merupakan bagian dari pengembangan proyek LRT Jabodebek tahap pertama yang terbagi menjadi rute Cawang - Cibubur, Cawang - Dukuh Atas dan Cawang - Bekasi Timur.

"Adanya moda transportasi ini bukan hanya akan membantu mobilitas masyarakat, tapi juga mendorong minat seseorang membeli hunian, khususnya yang dekat dengan jalur LRT," tambah Mart.

Salah satu kawasan yang banyak dilirik oleh masyarakat adalah kawasan Cipayung, Jakarta Timur. Daerah ini terbilang strategis, karena selain dilalui oleh jalur LRT, Cipayung juga dekat dengan Tol JORR, Jagorawi dan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated).

Baca Juga: Tarif LRT Jakarta Rp 5.000, jika tak disubsidi Rp 41.000

Tingginya potensi bisnis properti di Cipayung itu ditangkap sebagai peluang bisnis yang menjanjikan, seperti dilakukan oleh PT Sayana Integra Properti, di Cipayung. Sayana membangun superblok Sakura Garden City.

Edward Sinanta, Chief Marketing Officer PT Sayana Integra Properti, mengakui LRT nantinya akan menjadi moda transportasi favorit masyarakat di Jabodetabek.

Oleh karena itu, memilih tinggal dekat stasiun LRT merupakan pilihan menarik, terutama untuk para pekerja muda yang menuntut mobilitas tinggi. Edward mengatakan, lokasi apartemen Sakura terhitung dekat dengan Stasiun LRT Ciracas. Jaraknya hanya 280 meter dari stasiun.

Nantinya, di lokasi apartemen itu akan dibangun Jembatan Penyeberangan (JPO) untuk memudahkan penghuni menuju Stasiun LRT Ciracas. Sakura Garden City dibangun di atas lahan seluas 10 hektar, pengembang membangun 12 tower apartemen yang mencakup 5.000 unit hunian. Kawasan ini juga dilengkapi dengan mall, hotel, perkantoran hingga area kuliner (F&B).

Baca Juga: Bidik laba Rp 250 miliar tahun depan, begini langkah MRT Jakarta

"Untuk tahap pertama akan dibangun 4 tower yang akan meliputi 2.200 unit apartemen," ujar Edward.  Unit apartemen yang ditawarkan mulai Rp 500 jutaan itu terbagi dalam 5 tipe, mulai studio (29,9m2) sampai loft (93,6 m2- SGA 115,7 m2).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul LRT Mulai Uji Coba, Minat Beli Hunian di Cipayung Tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×