kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Maskapai asing manfaatkan momen Lebaran


Rabu, 18 Juli 2012 / 20:00 WIB
Maskapai asing manfaatkan momen Lebaran
ILUSTRASI. WHO menyebutkan, wabah virus corona dilaporkan terjadi di tempat-tempat orang berkumpul. REUTERS/Denis Balibouse.


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Liburan panjang Lebaran menjadi berkah tersendiri bagi pihak maskapai di industri penerbangan tanah air. Tak terkecuali, pihak maskapai asing. Menjelang Lebaran, pihak maskapai asing ramai-ramai menambah jadwal penerbangan, khususnya rute luar negeri yang padat penumpang.

Maskapai Air Asia, misalnya, menambah jadwal penerbangan pada rute Medan-Penang. "Penumpang kami naik 90% dari hari normal untuk Lebaran tahun ini," ujar Audrey Progastama,Communication Manager PT Air Asia Indonesia. Dia menambahkan, penerbangan dengan rute Medan-Penang akan dimulai pada 15 Agustus hingga 27 Oktober 2012.

Penambahan rute tersebut secara otomatis membuat Air Asia Air Lines menambah jadwal terbangnya. Untuk memenuhi tingginya permintaan tersebut, Air Asia akan terbang tiga hingga empat kali dalam sehari dari sebelumnya yang hanya dua hingga tiga kali dalam sehari.

Selain itu, maskapai Emirates juga menambah rute baru Dubai- Lisbon ( Portugal). Rute baru tersebut sudah mulai diaktifkan pada 2 Juli yang lalu. Pihak Emirates mengaku, permintaan penerbangan melonjak 85% dari hari biasa menjelang Hari Raya. Penerbangan yang paling ramai diminati pada maskapai ini penerbangan ke Barcelona. Tingginya jumlah penumpang membuat Emirates menambah satu kali jadwal penerbangan, yang awalnya hanya satu kali sehari menjadi dua kali dalam sehari.

Tingginya permintaan untuk perjalanan ke luar negeri menggunakan transportasi udara secara langsung akan berdampak pada tarif yang berlaku. Ilonka Leiwakabessy, sales manager Emirates Indonesia mengakui bahwa tarif untuk seluruh rute penerbangan sudah naik sekitar 40% dari harga normal.

"Pada musim Lebaran ini, masyarakat banyak yang melancong ke luar negeri. Biasanya ini didominasi oleh mereka yang tidak merayakan Lebaran. Selain itu, waktu libur Lebaran juga panjang", ujar Mulya Abdi, Manager Angkasa pura II dikantornya, hari ini (18/7).


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×