Reporter: Dimas Andi | Editor: Tri Sulistiowati
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) resmi memasarkan modal barunya yakni all-new Hyundai Santa Fe di Tanah Air. Terdapat dua pilihan mesin untuk Hyundai Santa Fe yang diluncurkan kali ini, yakni Internal Combustion Engine (ICE) dan Turbo Hybrid.
Pihak Hyundai membanderol Santa Fe Turbo Hybrid senilai Rp 869.600.000 untuk varian Calligraphy dan Rp 786.300.000 untuk varian Prime. Adapun Santa Fe versi ICE dihargai senilai Rp 784.500.000 untuk varian Calligraphy dan Rp 699.000.000 untuk varian Prime. Harga Santa Fe ini berlaku untuk on the road (OTR) DKI Jakarta.
Chief Operating Officer Hyundai Motors Indonesia Franciscus Soerjopranoto mengatakan, Santa Fe pertama kali diperkenalkan di pasar global 20 tahun yang lalu. Model ini kemudian hadir di Indonesia pertama kali pada 2021.
Santa Fe pun menjadi kontributor utama bagi penjualan Hyundai di seluruh dunia dengan capaian sebanyak 300.000 unit pada 2023 lalu.
Baca Juga: Persaingan Mobil Hybrid di Indonesia Semakin Ketat, Ada Merek Apa Saja?
Pihak Hyundai telah melakukan studi mendalam untuk mengembangkan Santa Fe yang kini hadir dalam varian mesin Turbo Hybrid. Berbekal mesin tersebut, Santa Fe memiliki keunggulan efisiensi bahan bakar dan lebih rendah emisi.
Hyundai juga memperbarui desain Santa Fe sehingga lebih futuristik. Contohnya adalah tampilan lampu utama atau headlamp yang membentuk pola huruf ‘H’ yang terintegrasi.
“All-new Santa Fe masuk ke dalam kategori adventure SUV yang cocok untuk penggunaan dalam kota maupun offroad,” kata Soerjo dalam acara peluncuran all-new Santa Fe, Kamis (24/10).
Dia menambahkan, Hyundai telah menerima tiga digit pemesanan all-new Santa Fe selama periode pre-booking. Model baru yang diproduksi di pabrik Hyundai di Cikarang, Jawa Barat ini akan mulai didistribusikan kepada para konsumen pada akhir Oktober nanti.
Hyundai pun yakin all-new Santa Fe akan diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia. Di tengah kelesuan industri otomotif, kehadiran all-new Santa Fe diharapkan akan menyegarkan pasar sekaligus menarik minat konsumen untuk membeli mobil baru.
Tidak menutup kemungkinan pula Hyundai akan kembali memperkenalkan mobil hybrid baru di Indonesia pada masa mendatang. Ini mengingat secara global, Hyundai telah memiliki 14 line up model kendaraan hybrid.
“Beberapa model hybrid akan diadaptasi di Indonesia dengan menyesuaikan karakteristik dan kebutuhan konsumen,” tandas dia.
Baca Juga: Diramaikan China, Pasar Mobil Hybrid RI Makin Semarak
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News