Reporter: Adisti Dini Indreswari | Editor: Hendra Gunawan
JAKARTA. PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) terus berupaya memperluas pangsa pasar. Tidak puas dengan rebranding supermarket Foodmart menjadi Foodmart Gourmet, peritel ini sedang menggodok format supermarket baru di segmen premium.
Salah satu lini bisnis Grup Lippo ini bakal membuat Foodmart sekelas dengan Kem Chicks, supermarket premium besutan mendiang Bob Sadino.
"Target pasarnya adalah konsumen yang tidak perlu melihat harga lagi kalau berbelanja. Jadi lebih tinggi daripada Foodmart Gourmet," jelas Fernando Repi, Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Matahari Putra Prima kepada KONTAN, belum lama ini.
Sayangnya ia belum bersedia menyebutkan target pembukaan gerai Foodmart untuk tahun ini. "Kami masih fokus menyiapkan peluncuran format baru ini," ujar Fernando.
Matahari Putra sudah membuka satu gerai Foodmart di Madiun, awal tahun ini. Dus, jumlah gerai Foodmart saat ini sebanyak 53 gerai, meliputi Foodmart Reguler, Foodmart Gourmet, serta Foodmart Express.
Berdasarkan situs resminya, baru ada sembilan gerai Foodmart yang mengusung format Foodmart Gourmet. Rinciannya, tiga di Jakarta, tiga di Bali, dua di Medan, dan satu di Palembang.
Fernando menjelaskan lebih lanjut, Matahari akan memacu ekspansi hipermarket Hypermart lebih kencang daripada format ritel lainnya. Targetnya, perusahaan ini mau membuka 15 gerai hingga 16 gerai baru sepanjang tahun ini. Namun, sampai kuartal I-2015, MPPA baru merealisasikan dua gerai di Singkawang dan Ketapang. Keduanya berada di Kalimantan Barat.
Matahari kemudian membuka satu gerai lagi di Batam pada 8 April 2015. Dus, hingga saat ini, Matahari sudah mengoperasikan 110 gerai Hypermart.
Melalui ekspansi gerai baru, Matahari berharap pendapatannya tahun ini tumbuh 15% menjadi Rp 15,63 triliun.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News