kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.310.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Medco Energi beli pembangkit batubara Paiton dari TOBA


Selasa, 24 Agustus 2021 / 09:24 WIB
Medco Energi beli pembangkit batubara Paiton dari TOBA


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA) melepas kepemilikan sahamnya di PT Paiton Energy (PE). Pada 19 Agustus 2021 lalu, anak usaha TOBA,  PT Batu Hitam Perkasa (BHP) telah menandatangani 2 perjanjian.

Pertama, akta penjualan dan pemindahan hak atas 2.124 saham milik BHP dalam PE atau setara 5% dari modal ditempatkan dan disetor PE, kepada PT Medco Daya Energi Sentosa (MDES). 

Perjanjian lainnya yaitu akta pengalihan 250.050 saham kelas A dalam modal Minejesa Capital B.V. (MCBV) milik BHP dalam MCBV yang setara dengan 5%  modal ditempatkan dan disetor MCBV, kepada MDES.

Secara total, nilai transaksi kedua pengalihan saham ini berjumlah US$ 68,86 juta dengan rincian sebesar US$ 64,61 juta untuk pengalihan 2.124 saham BHP di dalam PE kepada MDES, serta US$ 3,86  juta untuk transaksi penjualan dan pemindahan hak atas 250.050 saham kelas A dengan nilai nominal USD 1 milik BHP dalam MCBV kepada MDES.

Manajemen TOBA menjelaskan, pelaksanaan transaksi pengalihan saham BHP merupakan salah satu bagian dari rencana perusahaan kepada pengembangan sumber daya energi terbarukan dan mengurangi jejak karbon. 

“Di samping itu, pelaksanaan Transaksi Pengalihan Saham BHP juga dilakukan dalam rangka memperkuat kondisi keuangan Perseroan. Dari sudut pandang strategis, Perseroan melihat pelaksanaan Transaksi Pengalihan Saham BHP ini memiliki nilai ekonomis yang baik bagi BHP dan Perseroan,” terang manajemen TOBA dalam keterangan tertulis yang dimuat di laman keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (23/8).

Dikutip dari laman resminya (24/8), Paiton Energy (PE) terlibat dalam bidang usaha power plant. Berdiri sejak 1994, PE memiliki dan juga mengoperasikan 3 pembangkit listrik batubara di pembangkit listrik Paiton di Probolinggo, Jawa Timur.

“Kami menghasilkan sekitar 13,500 GWh listrik per tahun, yang menyumbangkan sekitar 10% dari konsumsi listrik tahunan di pulau Jawa,” tulis laman resmi Paiton Energy yang diakses pada Selasa (24/8).

Manajemen TOBA optimistis, pelaksanaan Transaksi Pengalihan Saham BHP ini memiliki nilai ekonomis yang baik bagi BHP dan TOBA dari sudut pandang strategis.

“Adapun pelaksanaan Transaksi Pengalihan Saham BHP ini tidak mempengaruhi kegiatan operasional,” tulis manajemen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×