kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Medco Energi Internasional (MEDC) bantu penanggulangan bencana alam di Indonesia


Selasa, 05 November 2019 / 19:44 WIB
Medco Energi Internasional (MEDC) bantu penanggulangan bencana alam di Indonesia
ILUSTRASI. Hilmi Panigoro, CEO Medco

Reporter: Dimas Andi | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bencana alam merupakan peristiwa yang sulit dihindari dan membutuhkan penanganan yang tepat. Dalam beberapa kesempatan, PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) turun tangan memberikan bantuan di lokasi terjadinya bencana.

Presiden Direktur MEDC Hilmi Panigoro menyebut, MEDC bersama anak perusahaannya cukup berpengalaman dalam membantu penanggulangan bencana alam di Indonesia. Seperti tsunami di Aceh, Banten, Palu, dan Donggala hingga gempa bumi di Yogyakarta, Padang, hingga Lombok.

“Perusahaan juga membantu korban bencana banjir yang sering melanda beberapa daerah terutama di daerah operasi MEDC,” tambah dia, akhir pekan lalu.

Baca Juga: Resmi Menjabat Menteri ESDM, Ini Sederet Catatan Bagi Arifin Tasrif

Saat ini, program penanggulangan dan pemulihan di daerah bencana dikoordinasikan melalui yayasan Medco Foundation. Yayasan ini memiliki beberapa ahli yang memahami penanganan bencana dan selalu berupaya meningkatkan kualitas penyaluran bantuan.

Ketika terjadi bencana, MEDC selalu menurunkan tim relawan tanggap darurat. Tim ini tidak hanya menyalurkan kebutuhan sandang pangan, melainkan juga penyediaan tenda-tenda untuk menampung pengungsi serta tanki-tanki air bersih.

Tim dari MEDC juga menyediakan layanan kesehatan berupa pemberian obat-obatan dan menerjunkan dokter, perawat, dan tenaga medis terlatih di lokasi bencana. Bantuan psikologis juga diberikan oleh MEDC, terutama untuk anak-anak korban bencana.

Baca Juga: Pebisnis Cermati Politik Nasional dan Ekonomi Global

“Perusahaan menyediakan program yang dapat mengurangi trauma bencana bagi anak-anak seperti bermain bola, menggambar, dan membaca buku,” ujar Hilmi.

Selain itu, anak usaha MEDC, yakni PT Medco E&P Indonesia juga ikut membantu ketersediaan energi di lokasi bencana. Perusahaan ini selalu berkoordinasi dengan SKK Migas dan Kementerian ESDM di setiap penanganan bencana.

“Kami juga selalu berkoordinasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB),” ungkapnya.  

Baca Juga: Arifin Tasrif jadi Menteri ESDM, berikut harapan para pemangku kepentingan energi

Meski tidak disebutkan jumlahnya, MEDC memiliki anggaran untuk bantuan bencana alam yang terpisah dari program CSR. Di samping itu, dana bantuan bencana dari MEDC tak melulu dari anggaran perusahaan. 

Lewat yayasan Medco Foundation, ribuan pekerja MEDC juga menyalurkan dana bantuan pribadi secara sukarela untuk penanggulangan bencana.




TERBARU

Close [X]
×