kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.965.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.830   0,00   0,00%
  • IDX 6.438   38,22   0,60%
  • KOMPAS100 926   8,20   0,89%
  • LQ45 723   5,45   0,76%
  • ISSI 205   2,17   1,07%
  • IDX30 376   1,61   0,43%
  • IDXHIDIV20 454   0,42   0,09%
  • IDX80 105   1,01   0,98%
  • IDXV30 111   0,45   0,40%
  • IDXQ30 123   0,28   0,22%

Mei 2014, wholesales Daihatsu melorot 21,9%


Senin, 09 Juni 2014 / 17:19 WIB
Mei 2014, wholesales Daihatsu melorot 21,9%
ILUSTRASI. Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 akan diselenggarakan oleh Dyandra Promosindo pada 16-26 Februari 2023


Reporter: Francisca Bertha Vistika | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Penjualan mobil pabrikan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) secara wholesales pada Mei 2014 mengalami penurunan 21,9% dibandingkan April 2014. Namun, lima bulan pertama di 2014 naik 8% didukung dengan kehadiran Daihatsu Ayla.

Berdasarkan data WholeSales Daihatsu, Mei 2014 lalu penjualannya hanya tercatat 12.260 unit, sedangkan di bulan April bisa mencapai 15.694 unit. Akan tetapi, penjualan ritelnya mengalami kenaikan 1,2% menjadi 14.766 unit.

"Penurunan ini karena hari libur yang sampai seminggu pada Mei lalu. Sehingga produksi kami terpotong libur. Kalau ritelnya masih sama dengan sebelumnya," kata Head Corporate Planning Division ADM, Rudy Ardiman pada KONTAN, Senin (9/6).

Rudy membantah jika penjualannya turun karena ada kompetitor baru di segmen low Multi Purpose Vehicle (MPV)."Belum terlihat dampak dari kompetitor karena penjualan Xenia kami sesuai dengan target. Bahkan di Mei Ritelnya bisa mencapai 3800an," kata Rudi.

Target Xenia tiap bulannya memang berada di angka 3500 dan sepanjang lima bulan pertama ini penjualan Xenia belum mengalami penurunan yang signifikan.

Dari Januari hingga Mei, Daihatsu bisa mencatatkan penjualan ke diler 79.402 unit. Angka ini naik 8% dibandingkan periode yang sama di 2013 yang tercatat 73.564. Salah satu pendukugnya adalah hadirnya Ayla. Ayla berkontribusi 25,2% dari seluruh penjualan Daihatsu sepanjang Januari hingga Mei.

Ayla menjadi salah satu jenis produk Daihatsu yang berkontribusi besar. Selain itu ada Gran Max mencapai penjualan 27.707 unit atau 34%. MPV All New Xenia meraih 19.422 unit atau menduduki posisi ketiga dengan kontribusi 24%.

Namun, penjualan city car milik Daihatsu yaitu Sirion mengalami penurunan jika dibanding tahun 2013. PAda Januari hingga Mei 2013, penjualan Sirion ke diler tercatat 3190 unit, sedangkan tahun ini hanya 2.260 unit.

Rudi bilang, "Penurunannya ini bukan berarti karena hadirnya Ayla. Target Sirion sebenarnya untuk anak muda. Kami ingin tetap mendongkrak penjualannya. Caranya dengan acara Daihatsu Sirion Battle yang lalu."

Pada Juni ini, Rudy memprediksi penjualan ritel akan sama seperti Mei 2014, sedangkan untuk produksi akan kembali seperti April 2014. Namun, pergerakan penjualan jelang lebaran masih belum dirasakan oleh Daihatsu.

"Sejauh ini, kami melihat mendekati lebaran belum ada pergerakan. Penjualannya masih sama seperti bulan-bulan sebelumnya. Kalau akan ada kenaikan permintaan kami akan sesuaikan produksinya," tutup Rudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

[X]
×