kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45887,73   13,33   1.52%
  • EMAS1.360.000 0,74%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Melalui Fitur Live dan Video, Shopee Siap Dongkrak Penjualan UMKM dan Brand Lokal


Selasa, 25 Juni 2024 / 20:06 WIB
Melalui Fitur Live dan Video, Shopee Siap Dongkrak Penjualan UMKM dan Brand Lokal
ILUSTRASI. Artis Sarwendah live shopping di Shopee. KONTAN/Cheppy A. Muchlis


Reporter: Leni Wandira | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Belanja online kini menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Kehadiran platform e-commerce berkontribusi signifikan pada aspek ekonomi dan kehidupan sosial masyarakat, serta menjadi solusi bagi kebutuhan pembeli dan penjual. 

Untuk itu, platform marketplace Shopee terus berinovasi untuk mendongkrak penjualan para UMKM dan brand lokal yang tergabung sebagai merchantnya. 

Putri Lukman, Director of Business (Fashion & FMCG) Shopee Indonesia mengatakan, berbagai kampanye dan kurasi produk terbaik yang disesuaikan dengan preferensi pengguna di laman Shopee Mall, hingga fitur Shopee Live dan Shopee Video.

Baca Juga: KPPU Akan Gelar Sidang Lanjutan Dugaan Monopoli Jasa Pengiriman Shopee pada 2 Juli

Kata dia, fitur itu memberikan kesempatan interaksi lebih dekat antara penjual dan pembeli, menjadi bentuk nyata dari upaya Shopee untuk tumbuh beriringan dengan kebutuhan rakyat serta meningkatkan pengalaman belanja pengguna.

"Inisiatif ini telah hadir mewarnai perjalanan preferensi belanja masyarakat sekaligus membawa dampak positif yang signifikan terhadap pertumbuhan bisnis UMKM dan brand lokal dengan memperbanyak pintu kesempatan produk lokal dalam memperluas jangkauannya," kata Putri saat ditemui di kantornya, Selasa (25/6).

Joseph Sebastian sebagai Founder & CEO Careso pun mengakui bahwa fitur shopee live dan shopee video berhasil mendongkrak penjualannya sebesar 40% pada semester pertama di tahun ini.

Joseph mengatakan, Careso dapat mendeskripsikan wangi dari 16 jenis wewangian yang dimiliki dan memberikan rekomendasi secara langsung dari preferensi yang konsumen sampaikan di kolom komen melalui Shopee Live. 

Baca Juga: Shopee Unggul dalam Tingkat Kepuasan Konsumen Menurut Riset IPSOS

Lewat Shopee Video, Careso juga sering memberikan tips dan info bagi konsumen sehingga lebih mudah memilih produk yang sesuai, seperti tips memilih antara body mist dan EDP Careso sesuai dengan kebutuhan.

“Kami melihat peningkatan drastis terhadap penjualan Careso setelah menggunakan kedua fitur interaktif Shopee. Kontribusi Shopee Live sangat besar bagi keseluruhan pendapatan Careso, dimana 40% total pendapatan di semester I tahun 2024 berasal dari penjualan di Shopee Live," ungkapnya.

Senada, Melisa Andriani, General Manager Luxcrime mengatakan, pihaknya juga diuntungkan dengan adanya fitur-fitu baru dari shopee ini. 

Kata dia, semenjak aktif memanfaatkan fitur Shopee Live, menghasilkan sekitar 30 persen penjualan Luxcrime di Shopee berasal dari pengguna yang menikmati konten-konten interaktif di Shopee Live. 

Baca Juga: Ini Alasan Penjualan UMKM dan Brand Lokal Shopee Naik 13 Kali Lipat di Kuartal I-2024

Performa penjualan gemilang ini tidak terlepas dari semakin interaktifnya kami menciptakan beragam jenis sesi live streaming dan konten video kreatif, yang sukses menarik lebih banyak konsumen baru untuk jatuh cinta dengan produk-produk Luxcrime. 

"Melalui fitur interaktif Shopee Live dan Shopee Video pun membawa kami berhasil membuka lebih banyak lapangan pekerjaan, memperkenalkan lebih banyak bahan baku alami khas dari berbagai daerah di Indonesia, serta meningkatkan eksposur produk-produk kecantikan lokal. Kedepannya, kami akan terus giat menciptakan inovasi produk baru agar terus menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×