kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menangguk Keuntungan dari Kemitraan Bisnis Burger


Kamis, 05 Februari 2009 / 09:23 WIB


Sumber: KONTAN | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Pastilah Anda tak asing lagi dengan makanan seperti burger, hotdog, dan kentang goreng. Meski bukan makanan asli Indonesia, namun cukup banyak masyarakat Indonesia yang menggemari makanan itu.

Kenyataan itu membuat pria asli Jogja bernama Decky Suryata menjadi kepincut untuk menjajal peruntungan bisnis burger. Kebetulan Decky dan istri juga penggemar burger. Sehingga tak jarang mereka berdua acap kali menjajal sendiri resep burger kreasi mereka di rumah.

Lantaran di rumahnya ada gerobak menganggur yang tadinya akan digunakan sang istri untuk berjualan eskrim. Decky pun memanfaatkannya untuk jualan burger. Dengan modal awal sekitar Rp 4 juta, Decky resmi terjun ke bisnis burger awal tahun lalu. Dana sebesar itu ia gunakan untuk pembelian bahan baku, peralatan masak, dan juga renovasi konter berjualan.

Decky pun memberi nama usaha burger miliknya Burger'Qu. Selain burger, ia juga menjual hotdog, dan kentang goreng aneka rasa. "Gerai pertama saya buka di Jalan Mataram, Jogjakarta," kenangnya.

Ternyata respon masyarakat cukup baik. Dalam sehari Decky mampu menjual sekitar 20 buah burger yang harganya berkisar dari Rp 5.000 sampai dengan Rp 7.000 per buah. Sehingga tidak butuh waktu lama, ia menambah satu gerai lagi yang juga berlokasi di Jogja. "Omzetnya untuk dua gerai itu setiap bulannya bisa sampai Rp 5 juta," beber Decky.

Tersedia dalam 3 paket

Usaha burgernya terus berkembang. Bahkan yang berminat membuat usaha burger seperti dirinya makin banyak saja. Decky pun memberanikan diri menawarkan sistem kemitraan sejak Maret tahun lalu. Ada tiga paket usaha, yaitu medium, eksklusif, dan super eksklusif.

Untuk paket medium, Anda harus menyiapkan Rp 4 juta. Dengan uang sebesar itu Anda sudah mendapatkan gerai, peralatan memasak, pelatihan pegawai, dan paket bahan baku awal untuk kebutuhan operasional selama dua hari pertama senilai Rp 220.000.

Adapun untuk paket eksklusif, Anda harus menebusnya dengan harga Rp 6 juta. Fasilitas yang diberikan sama dengan paket medium. Perbedaannya hanya penambahan fasilitas promosi berupa banner atau spanduk.

Sedangkan paket terakhir adalah paket super eksklusif seharga Rp 18 juta. Ini adalah paket terlengkap dengan penambahan pada paket promosi yang lebih lengkap seperti banner dan neon box, serta gerai yang lebih berkelas dan menarik. Oh ya, Decky memberikan masa kerjasama selama tiga tahun untuk ketiga paket tersebut.

Untuk Anda yang tertarik menjadi agen, juga ada kok paketnya dengan biaya Rp 24,5 juta dan masa kerjasama selama lima tahun. Agen akan mendapatkan dua gerai eksklusif sekaligus dengan fasilitas lemari pendingin dan juga ongkos kirim yang ditanggung.

Pemesanan bahan baku tergantung tingkat penjualan setiap gerai. "Rata-rata mitra di Jogja memesan tiga kali seminggu dengan minimal pemesanan sebesar Rp 250.000," tukasnya. Balik modalnya sendiri bervariasi, namun Decky mencontohkan untuk paket medium dengan pendapatan bersih mitra rata-rata Rp 1 juta per bulan, balik modalnya bisa sampai 6 bulan.

Decky tidak membebankan biaya royalti kepada mitranya. Hanya saja, pasokan bahan baku harus dibeli dari tempatnya. Saat mitra Burger'Qu berjumlah 66 dengan lokasi tersebar di Jakarta, Jogja, dan Surabaya.

Burger'Qu
Danikerto Rt 01/07, Sariharjo
Ngaglik, Sleman, Jogjakarta
Telp : (0274) 7145900
HP : 08179494000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×