kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mencapai Net Zero Emissions, Shell Menerapkan Berbagai Skenario


Jumat, 30 September 2022 / 14:34 WIB
Mencapai Net Zero Emissions, Shell Menerapkan Berbagai Skenario
ILUSTRASI. SPBU Shell Modular Komersial pertama di Indonesia terletak di Jombang, Jawa Timur. Selain SPBU konvensional, Shell juga terus mengembangkan SPBU Modular dengan nilai investasi yang lebih terjangkau.


Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Agar dapat melakukan transisi mencapai net-zero emissions pada tahun 2060 dengan sukses, Indonesia perlu mengubah sistem energi dan penggunaan lahan (land use). Hal ini dengan tetap memastikan pasokan energi yang terjangkau dan aman untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan ekonomi selama transisi.

Di Indonesia, sektor energi menjadi penyumbang utama emisi kedua setelah pertanian, kehutanan, dan penggunaan lahan lainnya. Peta jalan dekarbonisasi untuk perekonomian dan industri Indonesia diuraikan dalam Indonesia Sketch.

Indonesia Sketch  melibatkan adopsi dan implementasi elektron rendah karbon (low-carbon electrons) yang lebih besar dan solusi energi rendah karbon (low-carbon energy solutions) seperti bioenergi. 

Baca Juga: Shell Memberi Kesempatan Pengusaha Lokal untuk Kerja Sama Mengelola SPBU

Pada bioenergi, biofuel dapat mencapai hingga 60% dari keseluruhan bahan bakar cair, untuk menggantikan minyak dalam jumlah besar dan mendukung dekarbonisasi sektor yang sulit untuk dielektrifikasi seperti sektor penerbangan dan industri kimia.

"Peta jalan untuk mencapai target net-zero emissions di Indonesia akan membutuhkan kerja sama  antara pemerintah dan badan usaha," kata Mallika Ishwaran, Chief Economist Shell, dalam rilis ke Kontan.coid, Kamis (29/9).

Presiden Direktur dan Country Chair Shell Indonesia, Ingrid Siburian mengatakan, sebagai salah satu produsen dan konsumen energi terbesar, Indonesia dapat mendorong upaya dekarbonisasi yang komprehensif untuk mendukung aspirasi pembangunan ekonomi berkelanjutan di Indonesia.

“Peluncuran Indonesia Sketch merupakan kontribusi Shell dalam diskusi yang sedang berlangsung mengenai masa depan ekosistem energi di Indonesia,” kata Ingrid.

Baca Juga: Shell Prediksi Permintaan Bahan Bakar Penerbangan Global Pulih Hingga Dua Tahun Lagi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×