kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mendag Bakal Jodohkan Pengusaha Arab Saudi dan Indonesia Akhir Mei 2023


Selasa, 18 April 2023 / 21:44 WIB
Mendag Bakal Jodohkan Pengusaha Arab Saudi dan Indonesia Akhir Mei 2023
ILUSTRASI. Mendag Zulkifli Hasan saat berbincang akrab dengan Syekh Ibrahim Subai (pemilik Bank Al Bilad)


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengundang 15 pengusaha Arab Saudi ke Indonesia pada akhir Mei 2023 untuk bertemu para pengusaha Indonesia.

Hal ini juga sejalan dengan prioritas dari Mendag Zulhas sapaan karibnya yaitu segera berdiri Grosir, Super Market khusus Indonesia di Mekkah, Madinah, dan Jeddah

Demikian hal itu disampaikan Mendag Zulkifli Hasan usai bertemu dengan pengusaha Arab Saudi yakni Syeikh Ibrahim Assubei, pemilik Bank Al Bilad, dan Fawaz Al Khokeer pengusaha dan Pemilik Mall Makkah dan Arabia Mall di Jeddah.

Baca Juga: Kemendag Gelar Pasar Murah, Harga Daging Sapi Dibanderol Rp 93.000-109.000 per Kg

"Bagaimana segera dapat berdiri Grosir, Super Market khusus Indonesia di Mekkah, Madinah, dan Jeddah, " kata Mendag Zulhas dalam keterangan resminya, Selasa, (18/4).

Sementara itu, Syeikh Ibrahim dan Fawaz menyatakan komitmennya untuk bisa mewujudkan salah satu program prioritas Mendag Zulkifli Hasan tersebut.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional atau PAN ini pada Selasa, (18/4/2023), malam juga diundang untuk berbuka puasa dengan Mendag Arab Saudi, Abdul Majid di rumah pribadinya dalam agenda meningkatkan perdagangan antar kedua negara.

Dalam ibadah umrohnya,  Mendag Zulkifli Hasan juga memanjatkan doa dan menyampaikan, rasa syukurnya atas kondisi perekonomian di Indonesia, khususnya soal harga dan stok kebutuhan pokok yang terkendali tahun ini.

"Beribadah itu kuncinya hati damai. Hasilnya, nanti membawa ketenangan buat orang-orang di sekelilingnya,"  kata Mendag Zulkifli Hasan.

Pada tahun ini situasi di Masjidil Haram sangat berbeda dari biasanya. Sebab menurut imam sekaligus khatib Masjidil Haram, Syekh Abdurrahman bin Abdul Aziz bin Muhammad as-Sudais atau Syekh Sudais kondisi Masjidil Haram tahun ini sangat padat dengan jemaah yang menjalankan ibadah umrah di bulan Ramadan.  

Sejak 1 Ramadan, masjid di Mekkah dan Madinah didatangi lebih dari 22 Juta orang dari seluruh penjuru dunia.

"Di mana pun, udara panas terik, tempat terbatas, berdesakan, kita merasakan nikmat Allah itu luar biasa. Karena setelah merasakan terik matahari, maka kita akan merasakan nikmatnya udara sejuk yang lebih lagi," ungkapnya.

Baca Juga: Jepang Berencana Tutup Program Magang Dari Negara Berkembang Seperti Indonesia

Dalam ibadah umrah kali ini, Mendag Zulkifli Hasan juga memanjatkan rasa syukur atas ketersediaan bahan pokok dan harganya terkendali.  Disebut bahwa harga bahan pokok secara nasional terpantau turun jelang Lebaran.

Sebelumnya dibeberapa kesempatan, Menteri Perdagangan (Mendag) Republik Indonesia Zulkifli Hasan mengatakan Indonesia dan Arab Saudi memiliki banyak peluang untuk meningkatkan dan mempererat hubungan perdagangan khususnya dengan melihat struktur komoditas perdagangan kedua negara.

Produk-produk ekspor utama Indonesia untuk Arab Saudi yakni kendaraan bermotor, minyak sawit dan turunannya, ikan, produk kertas, arang kayu, dan plywood.

Sementara itu, produk utama Indonesia yang diimpor dari Arab Saudi antara lain ethylene glycol, sulphur, polypropylene, polyethylene, dan besi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×