kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Mendekatkan diri ke masyarakat, Ajinomoto membuka fasilitas tur pabrik


Kamis, 03 Oktober 2019 / 21:04 WIB

Mendekatkan diri ke masyarakat, Ajinomoto membuka fasilitas tur pabrik
ILUSTRASI. Karyawan menjelaskan proses pembuatan produk MSG Ajinomoto

KONTAN.CO.ID - KARAWANG. PT Ajinomoto Indonesia membuka Ajinomoto Visitor Center (AVC) di pabriknya yang terletak di Karawang, Jawa Barat. Fasilitas ini diharapkan bisa memberi pengalaman dan informasi kepada masyarakat Indonesia mengenai umami, rasa yang terkandung dalam Ajinomoto.

AVC yang baru dibuka pada Juli 2019 itu merupakan fasilitas tur  yang dibuka untuk masyarakat umum. Adapun konsep yang diangkat AVC bertajuk Recipe of Deliciousness.

"Ini menjadi salah satu cara Ajinomoto untuk semakin mendekatkan diri kepada masyarakat Indonesia," kata Direktur Ajinomoto Indonesia, Kepala Pabrik Ajinomoto Karawang, Samsul Bakhri ketika ditemui di Karawang, Kamis (3/10).

Baca Juga: Ajinomoto menargetkan produksi pabrik di Karawang meningkat 20%

AVC ini terbagi dalam tiga zona. Zona pertama, exhibiton area atau area pameran. Di area ini pengunjung memungkinkan untuk menonton penjelasan proses Kikunae Ikeda menemukan umami hingga produk Ajinomoto terjual.

Asal tahu saja, umami merupakan rasa dasar ke lima selain rasa manis, asin, asam dan pahit. Di Indonesia, umami lebih dikenal dengan rasa gurih. Rasa ini menjadi pelengkap empat komponen rasa lainnya.

Zona kedua, pengunjung mellihat proses pembuatan produk MSG Ajinomoto. Proses ini dijelakan menggunakan tampilan 3D projecting mapping.

Selanjutnya, pengunjung akan masuk ke zona tiga. Di zona ini pengunjung akan diberikan informasi mengenai kontribusi Ajinomoto melalui nutrition policy dan berbagai program gizi. Disediakan juga resep-resep masakan bergizi yang bisa diakses melalui barcode dan permainan interaktif tentang gizi seimbang.  

Baca Juga: Bos Ajinomoto: Per Maret 2019, Ajinomoto Indonesia mempekerjakan 3.700 orang

Samsul menerangkan, meski belum lama dibuka, AVC menerima perhatian yang besar dari masyarakat. Jadwal kunjungan setiap hari Selasa dan Kamis  selalu penuh hingga saat ini. Asal tahu saja, pengunjung tidak dipungut biaya untuk mengunjungi tempat ini. Adapun kapasitas setiap kunjungan AVC bisa mencapai 100 orang. 


Reporter: Kenia Intan
Editor: Komarul Hidayat

Video Pilihan


Close [X]
×