kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45902,56   -0,59   -0.07%
  • EMAS933.000 -0,64%
  • RD.SAHAM -0.23%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.08%

Mengintip model-model mobil yang berpeluang dapat insentif PPnBM


Jumat, 26 Februari 2021 / 20:23 WIB
Mengintip model-model mobil yang berpeluang dapat insentif PPnBM
ILUSTRASI. Mengintip model-model mobil yang berpeluang dapat insentif PPnBM.

Reporter: Muhammad Julian | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Realisasi insentif pajak penjualan barang mewah (PPnBM) mobil penumpang tinggal menunggu waktu. Dijanjikan berlaku 1 Maret 2021, insentif yang berlaku selama 9 bulan ini rencananya bakal memberi pelaku industri otomotif relaksasi sebesar 100% di 3 bulan pertama, 50% pada tiga bulan kedua, 25% di 3 bulan ketiga. 

Meski begitu, insentif ini menyasar segmen kendaraan yang spesifik, yaitu  segmen kendaraan dengan cc sampai dengan 1.500, yaitu untuk kategori sedan dan kendaraan roda berpenggerak 4x2.

Selain itu, insentif PPnBM juga hadir dengan persyaratan. Kepala Pusat Kebijakan Ekonomi Makro Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, Hidayat Amir mengatakan, insentif PPnBM yang tengah disiapkan oleh pemerintah ditujukan bagi mobil dengan tingkat local purchase di atas 70%.

“Bagaimana membuat regulasinya nah itu yang nanti diatur,” kata Hidayat kepada Kontan.co.id, Kamis (25/2).

Baca Juga: Tok! Sri Mulyani resmi bebaskan PPnBM mobil per Maret 2021

Di tengah persyaratan yang diberikan di atas, sebagian dari empat agen pemegang merek mobil dengan penguasaan pangsa pasar atawa market share terbesar di pasar otomotif domestik sudah memberikan sedikit bocoran seputar model-model mobil yang berpeluang mendapatkan insentif ini.

Head of 4W Brand Development & Marketing Research SIS, Harold Donnel mengatakan, Suzuki XL7, All New Ertiga, dan APV sudah memenuhi ketentuan-ketentuan yang dipersyaratkan, yakni cc < 1.500, memiliki  roda berpenggerak 4x2, dan memiliki local purchase di atas 70%.

Berdasarkan penelusuran Kontan.co.id atas laman resmi Suzuki dan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), XL7, All New Ertiga, dan APV memang diketahui memiliki roda penggerak 4x2 dan kapasitas silinder di bawah 1.500 cc. 

Secara terperinci, kapasitas silinder XL7 dan All New Ertiga adalah sebesar 1.462 cc, sedangkan kapasitas silinder APV adalah sebesar 1.495 cc. Ketiganya memiliki sistem roda penggerak 4x2. Baik data Gaikindo maupun laman resmi Suzuki tidak memuat tingkat local purchase ketiga model tersebut.

Meski begitu, Harold mengaku belum bisa mengungkap bagaimana proyeksi penurunan harga  XL7, All New Ertiga, dan APV maupun efek kenaikan penjualannya setelah insentif PPnBM Maret 2021 berlaku. Harold beralasan, Suzuki masih ingin menanti regulasi dan petunjuk teknis insentif PPnBM untuk menghitung simulasi penurunan harga pasca insentif.

Baca Juga: Daihatsu perbarui tampilan dan fitur keamanan Altis di Jepang

“Kami kabari nanti,” ujar Harold saat dihubungi Kontan.co.id, Jumat (26/2).

Daihatsu juga sempat memberikan sedikit bocoran mengenai model-model mobilnya yang berpotensi memperoleh insentif PPnBM. Dalam sesi konferensi pers virtual pada Jumat (19/2) lalu, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra mengungkapkan bahwa  Xenia, Terios, Luxio, dan Gran Max Minibus (MB) berpeluang mendapatkan insentif PPnBM Maret 2021.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Investasi Reksadana dan Saham (VIRTUAL) NEGOTIATION FOR EVERYONE Batch 2

[X]
×